This page looks best with JavaScript enabled

Cara Gampang Menyiapkan Nasi bakar ayam suwir ikan asin, Lezat

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Maude Hawkins

Nasi bakar ayam suwir ikan asin
Nasi bakar ayam suwir ikan asin

Anda sedang mencari ide resep nasi bakar ayam suwir ikan asin yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi bakar ayam suwir ikan asin yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi bakar ayam suwir ikan asin, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan nasi bakar ayam suwir ikan asin enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Nasi Bakar ayam suwir ikan asin. Dengan memakai Cookpad, kamu menyetujui Kebijakan Cookie dan Ketentuan Pemakaian. Simpan resep ini untuk dapat dilihat lagi nanti.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah nasi bakar ayam suwir ikan asin yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Nasi bakar ayam suwir ikan asin memakai 18 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Nasi bakar ayam suwir ikan asin:
  1. Ambil 1/4 kg Beras
  2. Siapkan Ikan asin klotok dioseng sbentar trs disuwir suwir
  3. Ambil Ayam 1/2kg direbus kemudian di suwir-suwir kasar
  4. Gunakan Cabe rawit 3 biji (bila tdk suka pedas bs diskip)
  5. Ambil Cabe merah 2 besar iris tipis2
  6. Gunakan secukupnya Daun kemangi
  7. Sediakan secukupnya Garam
  8. Gunakan secukupnya Gula
  9. Ambil 1 ruas Lengkuas
  10. Gunakan 5 siung Bawang merah
  11. Ambil 4 siung Bawang putih
  12. Siapkan Minyak goreng untuk menumis
  13. Siapkan secukupnya Kaldu jamur
  14. Gunakan 1 lembar Sereh
  15. Sediakan 2 lembar Daun salam
  16. Sediakan 3 lembar Daun jeruk
  17. Gunakan 2 butir Kemiri
  18. Sediakan Daun pisang 2 lembar besar dan tusuk gigi

Tujuannya adalah agar ayam suwirnya lebih juicy. Mulai dari isian ayam suwir, daging, teri, ikan asin, hingga hati ayam. Ada dua jenis nasi bakar yang beredar di nusantara. Yakni nasi bakar yang proses pemanggangan dilakukan setelah nasi terbungkus daun pisang.

Cara membuat Nasi bakar ayam suwir ikan asin:
  1. Masak nasi dalam magic com seperti biasa
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe kecil, kemiri.
  3. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu sampai wangi, masukkan sereh, lengkuas geprek, daun salam, daun jeruk dan irisan cabe merah. Beri gula, garam, kaldu jamur secukupnya. Matikan kompor
  4. Ambil nasi, campurkan bumbu ke dalam nasi. Aduk2 sampai rata. Tambahkan ayam suwir.
  5. Bungkus di dalam daun pisang, tambahkan daun kemangi.
  6. Bakar di dalam wajan teflon, tutup. Angkat bila sudah terlihat daun agak gosong
  7. Sajikan hangat

Lalu ada juga nasi yang sudah digoreng terlebih dulu, baru dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang. Nasi bakar yang digoreng terlebih dulu cenderung lebih berminyak dengan bumbu. Nasi Ditaburi Bumbu Khas Pusat Nasi Bakar, Dibungkus Dengan Daun Pisang Beserta Ayam Suwir, Tumisan Daun Singkong & Jamur Kancing, Dan Sepotong Ikan Asin Jambal. Selain isian ayam, nasi bakar juga bisa diisi dengan olahan ikan air tawar ataupun ikan air laut.. Nasi Bakar Tongkol Suwir Pedes. foto: Instagram/@ihs_nypane.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Nasi bakar ayam suwir ikan asin yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

Share on