This page looks best with JavaScript enabled

Bagaimana Membuat Nasi Bakar Ayam Kemangi, Enak Banget

 ·  β˜• 4 menit waktu baca  ·  ✍️ Manuel Sanders

Nasi Bakar Ayam Kemangi
Nasi Bakar Ayam Kemangi

Anda sedang mencari ide resep nasi bakar ayam kemangi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi bakar ayam kemangi yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Air santan secukupnya untuk memasak beras. Daun pisang dan tusuk lidi secukupnya. Untuk membuat nasi bakar ayam kemangi yang istimewa ini, Anda juga tak perlu susah-susah karena bahan masakannya pun mudah didapatkan, lho!

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi bakar ayam kemangi, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan nasi bakar ayam kemangi yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat nasi bakar ayam kemangi yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Nasi Bakar Ayam Kemangi memakai 29 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Nasi Bakar Ayam Kemangi:
  1. Sediakan πŸ”·οΈ Resep Nasi:
  2. Gunakan 3 cup beras
  3. Gunakan 1 bungkus kaldu ayam bubuk
  4. Siapkan 1/2 sdt garam
  5. Gunakan Air kaldu rebusan ayam yang sudah di saring
  6. Ambil 2 lembar daun salam
  7. Sediakan 2 batang serai
  8. Ambil 6 lembar daun jeruk
  9. Gunakan 4 siung bawang merah
  10. Siapkan 3 siung Bawang putih
  11. Sediakan 1 sdm minyak goreng
  12. Gunakan πŸ”·οΈ Tumisan Ayam:
  13. Ambil 500 gram daging ayam tanpa kulit
  14. Gunakan 1 ikat kemangi
  15. Sediakan 4 batang daun bawang
  16. Ambil 4 lembar kol
  17. Siapkan 2 batang serai
  18. Ambil 2 lembar daun salam
  19. Gunakan 4 lembar daun jeruk
  20. Sediakan 1 ruas lengkuas, geprek
  21. Siapkan secukupnya Gula
  22. Sediakan secukupnya Garam
  23. Gunakan secukupnya Kaldu jamur bubuk
  24. Siapkan πŸ”·οΈ Bumbu Halus:
  25. Sediakan 5 siung bawang merah
  26. Gunakan 4 siung bawang putih
  27. Gunakan 2 ruas kunyit
  28. Gunakan 7 buah cabe rawit (sesuai selera)
  29. Sediakan 5 buah cabe merah keriting

Tidak hanya kuat dengan kesan alaminya karena menggunakan daun pisang sebagai pembungkus nasinya, tetapi bau hangus daun pisang yang terbakar juga menebarkan aroma nikmat yang pastinya menggugah selera nafsu makan anda. Resep nasi bakar ayam bertabur kemangi yang menggugah selera makan. Novia Nur Fitriana Sari - Kulinear. Foto: Instagram Makan nasi tidak selamanya hanya dengan gaya masakan yang itu-itu saja.

Cara membuat Nasi Bakar Ayam Kemangi:
  1. Rebus daging ayam hingga empuk kemudian di suwir-suwir. Saring air kaldu rebusan ayam.
  2. Cuci bersih beras hingga bersih. Masukkan air kaldu ke dalam beras sesuai takaran biasa memasak. Panaskan 1 sendok makan minyak goreng, tumis bawang merah, bawang putih, daun salam, daun jeruk dan serai hingga layu dan wangi. Masukan tumisan ke dalam beras yang sudah di beri air kaldu. Tambahkan garam dan kaldu ayam bubuk. Aduk hingga tercampur rata dan masak nasi seperti biasa hingga matang.
  3. Tumis bumbu halus beserta daun salam, daun jeruk, serai, dan lengkuas hingga harum. Masukkan suwiran ayam, irisan kol dan daun bawang. Tambahkan sedikit air dan aduk rata. Tambahkan gula, garam dan kaldu jamur. Tes rasa. Bila bumbu suwiran ayam mulai meresap, masukan daun kemangi. Aduk sebentar hingga rata kemudian matikan api.
  4. Cuci bersih daun pisang untuk membungkus. Kemudian panaskan di atas api agar daun lemas dan tidak mudah sobek saat di lipat. Ambil nasi, tata di atas daun pisang kemudian tambahkan suwiran ayam di atasnya. Lipat daun pisang dan sematkan tusuk gigi di ke dua ujungnya agar nasi tidak berhamburan.
  5. Panaskan teflon lalu bakar nasi yang sudah di bungkus daun pisang hingga daun menjadi kecoklatan. Angkat kemudian sajikan.

Kamu bisa saja membuat sajian nasi bakar ayam sekalian membantu ibu memasak di rumah. Makanan yang satu ini punya banyak khasiat untuk badan. Bahan nasi bakar ayam kemangi ini juga cukup simpel kok, dan dijamin anti gagal. Ini juga cocok buat anak-anak asal gak usah dikasih cabe rawit aja di dalamnya, tapi kalau buat orang dewasa tambahan cabe rawit bisa jadi sensasi tersendiri pas gak sengaka termakan.πŸ˜‚. Resep Nasi Bakar Ayam Kemangi. ala Dapur Mama Badar (Nasi Bakar Ayam Kemangi) 🍚Bahan-bahan.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan nasi bakar ayam kemangi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on