This page looks best with JavaScript enabled

Cara Gampang Membuat Nasi Bakar Ayam Suwir yang Bikin Ngiler

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Eddie Peters

Nasi Bakar Ayam Suwir
Nasi Bakar Ayam Suwir

Lagi mencari inspirasi resep nasi bakar ayam suwir yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi bakar ayam suwir yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi bakar ayam suwir, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan nasi bakar ayam suwir yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Nasi Bakar Ayam Suwir Kemangi - Nasi bakar atau yang tekenal dengan sebutan nasbak merupakan salah satu masakan khas Indonesia yang sering dijumpai dimana saja, terutama Pulau Jawa. Aroma wangi dari nasi gurih yang dibungkus daun pisang kemudian dibakar menciptakan aroma sedap yang khas. Lihat juga resep Nasi Bakar Ayam Suwir enak lainnya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan nasi bakar ayam suwir sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Nasi Bakar Ayam Suwir memakai 22 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Nasi Bakar Ayam Suwir:
  1. Sediakan Ayam suwir:
  2. Gunakan 500 gr dada ayam (direbus)
  3. Ambil 5 bh bawang merah (sy iris buat awal menumis bumbu)
  4. Gunakan Bumbu dihaluskan:
  5. Siapkan 3 siung bawang putih
  6. Siapkan 2 atau lebih cabe merah
  7. Ambil 3 bh cabe rawit
  8. Ambil 3 bh kemiri
  9. Gunakan 1 ruas: jahe & kunyit
  10. Siapkan Bahan pelengkap:
  11. Gunakan 1 sdm gula merah disisir
  12. Gunakan 1 sdm air asam jawa kental
  13. Gunakan 1 sere digeprek
  14. Ambil 3 lmbr daun jeruk robek robek
  15. Ambil Minyak goreng untuk menumis
  16. Sediakan 100 ml air kaldu (bekas rebusan ayam
  17. Sediakan Secukupnya garam, gula, kaldu jamur
  18. Gunakan Bahan lain:
  19. Gunakan Daun pisang, tusuk gigi
  20. Ambil 3 btg daun bawang di iris
  21. Siapkan 3 bh cabe ijo iris serong
  22. Siapkan Nasi uduk:

Bumbunya, dapat kamu tambahkan daun kemangi. Yuk, langsung coba bikin nasi bakar ala Mika Hadi dalam buku "Kumpulan Resep Sambal & Masakan Indonesia Rumahan" terbitan Gramedia Pustaka Utama. Rasanya gurih dengan isi ayam suwir yang pedas. Bikinnya pakai nasi putih biasa saja tapi rasanya tetep gurih enak Bahan-bahan.

Langkah-langkah menyiapkan Nasi Bakar Ayam Suwir:
  1. Ayam yang sudah direbus disuwir suwir sisihkan dulu. Panaskan minyak diwajan masukkan irisan bawang merah oseng oseng sampai harum, lalu masukkan bumbu yang sdh dihaluskan.tumis sampai harum dan matang.
  2. Masukkan air asam jawa, gula merah, sere, daun jeruk aduk rata, garam gula kaldu jamur, masukkan ayam suwir dan air kaldu aduk rata.
  3. Masukkan irisan daun bawang, aduk rata, sambil dicek rasanya tunggu airnya sat, masukkan irisan cabe ijo, aduk rata, jika rasa sudah pas angkat sisihkan dulu.
  4. Layukan daun pisang diatas kompor dengan api sedang, tata nasi uduk diatas daun pisang, rapikan dan gulung sambil dipadatkan sedikit, semat dengan tusuk gigi ujungnya.
  5. Bakar diatas teplon sampai daun sedikit kecoklatan, angkat dan hidangkan selagi hangat.
  6. (lihat resep)

Resep Nasi bakar ayam suwir daun kemangi. Ceritanya lagi penasaran dan pengen bisa masak nasi bakar ternyata gini ya wkwkwk bismillah enak 😁🤗 NASI BAKAR AYAM SUWIR. Pelengkap: Daun kemangi Telur rebus, belah. Resep Nasi Bakar Ayam Suwir Pedas Rika Bogor, Indonesia. Sliweran di ig & was, jd kepo pengen bikin juga.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat nasi bakar ayam suwir yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on