This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi Bakar Ayam Anti Gagal

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Miguel Gibbs

Nasi Bakar Ayam
Nasi Bakar Ayam

Lagi mencari ide resep nasi bakar ayam yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi bakar ayam yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Setelah itu tiriskan dan jadikan daging ayam menjadi bentuk suwir-suwir, lalu sisihkan. Jika sudah, tumis bumbu halus bersama dengan daun salam, daun jeruk, dan serai hingga tercium bau harum. Air santan secukupnya untuk memasak beras.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi bakar ayam, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan nasi bakar ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan nasi bakar ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Nasi Bakar Ayam menggunakan 29 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Nasi Bakar Ayam:
  1. Ambil 1 mangkok besar nasi putih (utk 6 porsi)
  2. Siapkan 3 siung bawang merah
  3. Siapkan 2 siung bawang putih
  4. Siapkan 2 bh sereh, geprek
  5. Ambil 2 lbr daun salam
  6. Ambil 3 lbr daun jeruk
  7. Gunakan 2 bh cabe merah besar
  8. Siapkan 1 sdt garam
  9. Gunakan 1 sdt kaldu jamur bubuk
  10. Sediakan Minyak goreng
  11. Siapkan Kemangi
  12. Sediakan Bahan isian :
  13. Ambil 1/2 kg ayam potong (dada)
  14. Ambil 2 lbr daun salam (utk merebus ayam)
  15. Gunakan 5 lbr daun jeruk
  16. Gunakan 2 lbr daun salam
  17. Sediakan 2 bh sereh (geprek)
  18. Sediakan Bumbu halus :
  19. Ambil 5 siung bawang merah
  20. Gunakan 3 siung bawang putih
  21. Gunakan 3 bh cabe merah besar
  22. Sediakan 15 bh cabe rawit
  23. Gunakan 1 ruas kunir, bakar
  24. Siapkan 1 ruas jahe
  25. Ambil secukupnya Garam
  26. Ambil 1 sdt kaldu jamur bubuk
  27. Sediakan 1/2 sdt lada bubuk
  28. Siapkan 1 sdm Gula merah sisir
  29. Ambil 2 sdm air asam jawa

Harum khas kemangi yang menyegarkan dipadukan dengan ayam membuat hidangan ini begitu menggiurkan. sarapan dengan nasi bakar ayam memiliki sensasi tersendiri selain rasanya yang nikmat Ayam bakar is usually served with sambal terasi (chilli with terasi) or sambal kecap (sliced chilli and shallot in sweet soy sauce) as dipping sauce or condiment and slices of cucumber and tomato as garnishing. There are many recipes of ayam bakar, among the popular ones are Padang-style ayam. Nasi bakar (Indonesian for "burned or grilled rice") refer to steamed rice seasoned with spices and ingredients and wrapped in banana leaf secured with lidi semat (small needle made of central rib of coconut leaf) and later grilled upon charcoal fire. The burned banana leaf produced a unique aroma upon the rice.

Cara membuat Nasi Bakar Ayam:
  1. Iris tipis bawang merah, bawang putih, cabe.
  2. Panaskan minyak, masukkan irisan bawang, cabe, sereh, daun jeruk & daun salam. Tumis hingga harum.
  3. Masukkan nasi putih, garam, kaldu jamur. Tes rasa
  4. Rebus ayam berama 2 lbr daun salam hingga matang. Angkat. Tiriskan lalu suwir-suwir.
  5. Haluskan bumbu halus dan tumis bersama bumbu lain hingga wangi dan matang. Masukkan ayam suwir. Aduk rata. Tambahkan daun bawang jika suka. Test rasa.
  6. Siapkan daun pisang, lalu bungkus nasi dan isiannya, tambahkan kemangi.
  7. Bakar hingga harum
  8. Siap dinikmati

The banana leaf package is opened upon consumption. Lihat juga resep Nasi bakar ayam pedas enak lainnya. Coba olah jadi hidangan lezat, praktikkan resep nasi bakar ayam jamur berikut. Caranya mudah, panaskan nasi sisa dan tambahkan garam atau mentega cair agar rasanya lebih gurih. Kemudian, siapkan potongan dadu ayam dan jamur merang sebagai isian nasi bakar.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat nasi bakar ayam yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on