This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi Bakar Ayam Kemangi, Enak Banget

 ·  β˜• 4 menit waktu baca  ·  ✍️ Myrtle Keller

Nasi Bakar Ayam Kemangi
Nasi Bakar Ayam Kemangi

Sedang mencari inspirasi resep nasi bakar ayam kemangi yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi bakar ayam kemangi yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Air santan secukupnya untuk memasak beras. Daun pisang dan tusuk lidi secukupnya. Nasi bakar ayam kemangi Rizki Yulianti.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi bakar ayam kemangi, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan nasi bakar ayam kemangi enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan nasi bakar ayam kemangi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Nasi Bakar Ayam Kemangi memakai 28 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Nasi Bakar Ayam Kemangi:
  1. Sediakan Bahan nasi bakar:
  2. Sediakan 5 cup beras @130gram, cuci dulu
  3. Sediakan 8 lembar daun salam (ukuran kecil)
  4. Ambil 2 batang sereh
  5. Ambil 5 lembar daun jeruk
  6. Sediakan 1 ibu jari lengkuas
  7. Ambil secukupnya garam
  8. Gunakan secukupnya daun pisang (dijemur atau dipanaskan dulu diatas api kompor supaya layu)
  9. Ambil 1 bungkus santan instant 65 ml
  10. Ambil Secukupnya air untuk memasak nasi
  11. Ambil Bumbu halus untuk isian:
  12. Sediakan segenggam cabai merah keriting (saya menggunakan 5 cabai merah keriting saja). Bisa juga pakai cabai rawit jika suka lebih pedas
  13. Sediakan 6 siung bawang merah
  14. Ambil 3 siung bawang putih
  15. Gunakan 1 ibu jari jahe
  16. Siapkan 1 ruas jari kunyit
  17. Gunakan 3 butir kemiri
  18. Gunakan 1 bungkus terasi
  19. Sediakan 1/2 sdt kaldu bubuk ayam
  20. Gunakan seikat kemangi (saya pake sekitar 2-3 ikat kemangi)
  21. Siapkan Isian:
  22. Gunakan 500 gram ayam, rebus
  23. Ambil 1 batang sereh, ukuran besar
  24. Siapkan 5 lembar daun salam, ukuran kecil
  25. Siapkan 1 sdm gula merah
  26. Sediakan 2 sdm air asam jawa
  27. Siapkan secukupnya garam dan gula pasir
  28. Gunakan 100 ml air

Tidak hanya kuat dengan kesan alaminya karena menggunakan daun pisang sebagai pembungkus nasinya, tetapi bau hangus daun pisang yang terbakar juga menebarkan aroma nikmat yang pastinya menggugah selera nafsu makan anda. Resep nasi bakar ayam bertabur kemangi yang menggugah selera makan. Novia Nur Fitriana Sari - Kulinear. Foto: Instagram Makan nasi tidak selamanya hanya dengan gaya masakan yang itu-itu saja.

Cara membuat Nasi Bakar Ayam Kemangi:
  1. Campur semua bahan. Masukkan air dan santan. Untuk takaran air sesuaikan dengan berasnya ya (saya lupa menakar berapa ml karena biasanya saya menggunakan ruas jari sebagai patokan saat memasak nasi). Masak di magic com atau penanak nasi seperti biasa. Tunggu hingga matang.
  2. Ayam yang sudah direbus kita suwir-suwir atau bisa juga hancurkan kasar di food processor. Sisihkan. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, kunyit, terasi. Tumis bumbu halus, masukkan serai dan daun salam. Aduk rata. Masak hingga bumbu berubah warna lebih kemerahan atau sudah matang. Masukkan gula, garam, kaldu dan air asam jawa. Aduk kembali. Cicipi rasanya apakah sudah pas atau belum.
  3. Kalau sudah pas, maka bisa masukkan ayam yang tadi sudah disuir. Aduk kembali. Masukkan air kaldu. Masak hingga terasa asat. Kalau bisa, isian jangan terlalu basah ya supaya tidak mudah basi. Setelah asat, maka kita masukkan kemangi. Aduk sebentar saja. Matikan kompor.
  4. Siapkan daun pisang yang sebelumnya sudah dibersihkan dan sudah dijemur (atau dipanaskan diatas api kompor). Ukurannya disesuaikan selera. Kalau saya, nasinya saya buat untuk satu porsi makan jadi agak banyak. Daunnya saya pakai agak besar. Masukkan nasi ke tengah-tengah daun pisang. Letakkan ayam suwir diatasnya. Gulung dan lipat. Ujungnya disematkan dengan tusuk gigi.
  5. Bakar di atas teflon atau diatas arang (saya bakar diatas teflon grilled). Setelah terlihat bagian kulit pisang agak gosong, kita balik ke sisi satunya lalu kita angkat. Nasi bakar pun siap disajikan hangat-hangat.

Kamu bisa saja membuat sajian nasi bakar ayam sekalian membantu ibu memasak di rumah. Makanan yang satu ini punya banyak khasiat untuk badan. Bahan nasi bakar ayam kemangi ini juga cukup simpel kok, dan dijamin anti gagal. Ini juga cocok buat anak-anak asal gak usah dikasih cabe rawit aja di dalamnya, tapi kalau buat orang dewasa tambahan cabe rawit bisa jadi sensasi tersendiri pas gak sengaka termakan.πŸ˜‚. Resep Nasi Bakar Ayam Kemangi. ala Dapur Mama Badar (Nasi Bakar Ayam Kemangi) 🍚Bahan-bahan.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan nasi bakar ayam kemangi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Share on