This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi Bakar Ayam Suwir Kemangi, Menggugah Selera

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Herman Rios

Nasi Bakar Ayam Suwir Kemangi
Nasi Bakar Ayam Suwir Kemangi

Sedang mencari ide resep nasi bakar ayam suwir kemangi yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi bakar ayam suwir kemangi yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Nasi Bakar Ayam Suwir Kemangi - Nasi bakar atau yang tekenal dengan sebutan nasbak merupakan salah satu masakan khas Indonesia yang sering dijumpai dimana saja, terutama Pulau Jawa. Aroma wangi dari nasi gurih yang dibungkus daun pisang kemudian dibakar menciptakan aroma sedap yang khas. Proses pembakaran di atas arang maupun teflon ini membuat nasi semakin enak, ditambah lagi dengan isian.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi bakar ayam suwir kemangi, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan nasi bakar ayam suwir kemangi enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan nasi bakar ayam suwir kemangi sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Nasi Bakar Ayam Suwir Kemangi menggunakan 12 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Nasi Bakar Ayam Suwir Kemangi:
  1. Siapkan 500 gr beras, cuci bersih
  2. Sediakan Air secukupnya, sesuaikan jenis berasnya
  3. Gunakan 1 sachet Santan kara 65 ml
  4. Siapkan 1 batang serai
  5. Ambil 2 daun salam
  6. Sediakan 1 lembar daun pandan, potong/ ikat simpul
  7. Ambil 1/2 sachet kecil Kaldu bubuk
  8. Ambil secukupnya Garam
  9. Gunakan Bahan lainnya :
  10. Sediakan Ayam suwir (lihat resep)
  11. Ambil Kemangi + irisan cabe merah
  12. Siapkan Daun pisang + tusuk gigi

Nasi bakar merupakan nasi uduk yang diberi isian lalu dibungkus daun pisang dan dibakar. Rasanya yang khas dan wangi daun kemanginya membuat makanan yang satu ini begitu menggugah selera. Resep dan cara memasak nasi bakar cukup panjang dan membutuhkan banyak bahan. Kalau untuk isian nasi bakar, kamu juga bisa mengganti dengan isian lain sesuai selera.

Langkah-langkah menyiapkan Nasi Bakar Ayam Suwir Kemangi:
  1. Siapkan bahan nasi gurih nya, cuci beras dan lainnya.
  2. Masukkan beras, daun pandan, serai, daun salam, kaldu bubuk, garam ke magic com, tambahkan air (air disesuaikan jenis berasnya masing2 ya), masukkan juga santan nya, aduk rata, masak seperti biasa, sesekali diaduk ya, tunggu hingga klik tandanya nasi dah matang, aduk lagi, tutup dan biarkan 5 menitan, hingga nasi benar benar matang.
  3. Siapkan ayam suwirnya. - (lihat resep)
  4. Siapkan 2 lembar daun pisang yang sudah dicuci dan dipanggang sebentar diatas kompor, agar daun sedikit layu dan tidak mudah sobek ketika ditusuk lidi, taruh diatas daun pisang, nasi ayam suwir dan kemangi + irisan cabe merah.
  5. Gulung dan semat kedua ujung daun pisangnya (ini step paling susah, nasi bisa keluar dari samping ujung daun, hehee….perlu kesabaran yaa), panggang hingga kedua sisi daunnya kecoklatan.
  6. Jika kedua sisi daun pisang sudah kecoklatan, angkat.
  7. Nasi Bakar Ayam Suwir Kemangi siap disajikan.

Panggang diatas teflon hingga matang, sajikan. Setelah itu, taruh isian suwir ayam daun kemangi di atas nasi dan gulung secara perlahan. Kemudian, panggang beberapa buntel nasi bakar suwir ayam daun kemangi yang telah kamu siapkan di atas Teflon ataupun tempat pemanggang dan tunggu sampai daun pisang berubah warna menjadi kecokelatan serta aroma harum yang ditimbulkan. Yang terakhir, angkat gulungan nasi bakar dan hidangkan di atas piring. Nasi bakar adalah masakan khas Indonesia yang bisa dijumpai dimana saja, terutama Pulau Jawa.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Nasi Bakar Ayam Suwir Kemangi yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on