This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi Bakar Ayam Anti Gagal

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Sara Tran

Nasi Bakar Ayam
Nasi Bakar Ayam

Anda sedang mencari ide resep nasi bakar ayam yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi bakar ayam yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Nasi bakar adalah masakan khas Indonesia yang bisa dijumpai dimana saja, terutama Pulau Jawa. Aroma harum dari nasi dibungkus daun pisang yang dibakar semakin nikmat saat dipadu ayam kemangi. Lihat juga resep Nasi bakar ayam pedas enak lainnya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi bakar ayam, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan nasi bakar ayam yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan nasi bakar ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Nasi Bakar Ayam menggunakan 25 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Nasi Bakar Ayam:
  1. Siapkan 500 gr beras pulen
  2. Ambil 750 ml santan sedang
  3. Ambil 2 lbr serai, memarkan
  4. Gunakan 2 lbr daun salam
  5. Ambil 2 lbr daun pandan
  6. Ambil 1 bh wortel ukuran sedang, parut kasar(optional)
  7. Gunakan secukupnya Garam
  8. Sediakan Daun pisang, lidi / tusuk gigi untuk menyemat secukupnya
  9. Gunakan Bahan isi:
  10. Ambil 2 bh dada ayam, rebus, suir
  11. Siapkan 2 lbr daun salam
  12. Sediakan 1 btg serai, memarkan
  13. Gunakan 2 lbr daun jeruk
  14. Gunakan 2 cm lengkuas, memarkan
  15. Ambil 250 ml santan kental
  16. Siapkan 2 ikat kemangi
  17. Siapkan Secukupnya garam, gula
  18. Gunakan Minyak untuk menumis
  19. Sediakan Bumbu halus:
  20. Siapkan 5 bwg merah
  21. Sediakan 3 bwg putih
  22. Ambil 4 kemiri (sangrai)
  23. Sediakan 1 cm kunyit bakar/ sangrai
  24. Gunakan 2 cb merah
  25. Gunakan 5 cb rawit

Jika sudah, tumis bumbu halus bersama dengan daun salam, daun jeruk, dan serai hingga tercium bau harum. KOMPAS.com - Nasi bakar ayam yang sederhana dapat kamu bikin di rumah. Tidak perlu oven atau pemanggang khusus, cukup sediakan kompor. Coba resep nasi bakar ayam kekinian, pakai saus Buldak Samyang.

Cara membuat Nasi Bakar Ayam:
  1. Masak beras spt biasa, kl pakai rice cooker, lbh baik santan direbus sampai mendidih spy lbh cepat
  2. Isian : tumis bumbu halus, aduk rata, masukkan daun salam, daun jeruk dan lengkuas, aduk hingga wangi, masukkan ayam suir, tambahkan wortel parut, dan santan kental, bumbui garam dan gula. Masak sampai santan menyusut dan bumbu meresap, terakhir masukkan kemangi, matikan api
  3. Ambil daun pisang, tata nasi lalu ayam, gulung, semat. Bakar sampai aromanya wangi dan daun berubah warna

Kalau tidak begitu suka pedas, bisa mengurangi takaran saus. Cara membuat nasi bakar ayam saus Buldak Samyang simpel dapat kamu ikuti sesuai resep dari Instagram @my.foodplace berikut. The nasi bakar is served with grilled honey-ginger chicken, lalapan (a salad-like selection of raw vegetables), sup assam (spicy-sour soup with tamarind), tofu and some of the best deep-fried. Nasi bakar (Indonesian for "burned or grilled rice") refer to steamed rice seasoned with spices and ingredients and wrapped in banana leaf secured with lidi semat (small needle made of central rib of coconut leaf) and later grilled upon charcoal fire. The burned banana leaf produced a unique aroma upon the rice.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat nasi bakar ayam yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Share on