This page looks best with JavaScript enabled

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Nasi Goreng Kuning yang Sempurna

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Christine Powell

Nasi Goreng Kuning
Nasi Goreng Kuning

Lagi mencari ide resep nasi goreng kuning yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi goreng kuning yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Lihat juga resep Nasi Goreng Kuning enak lainnya. Finally I got the time to make a proper and complete nasi kuning. It is quite a production to prepare this dish, since nasi kuning (or yellow rice) is traditionally served with the requisite perkedel kentang, ayam ungkep, telur dadar gulung, kerupuk udang (shrimp crackers), quick lalap, and sambal.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi goreng kuning, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan nasi goreng kuning yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat nasi goreng kuning yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Nasi Goreng Kuning menggunakan 9 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Nasi Goreng Kuning:
  1. Sediakan 1 1/2 centong nasi
  2. Gunakan Suwiran daging ayam (yg sudah di rebus/goreng)
  3. Gunakan 1/2 sdt garam
  4. Siapkan 1/2 sdt vetsin
  5. Siapkan Secukupnya minyak
  6. Sediakan Bumbu halus
  7. Siapkan 1/2 ruas kunyit
  8. Gunakan 2 siung bawang merah
  9. Ambil 1 sdt ketumbar bubuk

Bumbu-bumbu lain pada nasi goreng ini diantaranya adalah kemiri, ebi, dan bawang putih. Nasi kuning (Indonesian for: "yellow rice"), or sometimes called nasi kunyit (Indonesian for: "turmeric rice"), is an Indonesian fragrant rice dish cooked with coconut milk and turmeric, hence the name nasi kuning (yellow rice). In the Philippines, a related dish exists in Mindanao, particularly among the Maranao people, where it is known as kuning. Like the Indonesian version, it primarily.

Cara membuat Nasi Goreng Kuning:
  1. Uleg bumbu halus sampai benar-benar halus ya, kemudian sisihkan, #note: klo mau gampang bawangnya di iris aja trs kunyit asli bisa diganti kunyit bubuk kemasan, dan klo mau pedas bisa ditambah cabai sesuai selera 😉. Lanjut siapkan semua bahannya ya
  2. Panaskan minyak secukupnya, kemudian tumis bumbu halus hingga harum, lalu masukan nasi, orak-arik nasi. Jika nasi sudah buyar, tambahkan bumbu dan suwiran daging ayam, aku pakai ayam ungkep bumbu kuning. Oseng-oseng agar bumbunya merata sempurna - (lihat resep)
  3. Setelah bumbu ter-oseng rata, matikan api. Pindahkan nasi goreng ke piring saji
  4. Yaash, siap di santap. Cara & bumbu nya simple kan? 😉. Menu ini cocok buat sarapan, makan siang, ataupun makan malam, selamat mencoba resepnya ya ☺

Nasi kuning is normally served with other dishes, such as ayam goreng, perkedel kentang, slices of omelette, peanuts, shrimp crackers, ikan teri (fried anchovies cooked with some spices), fried tofu, fried tempeh, etc. It can be served with slices of cucumber and tomato on the side. I normally add mint for freshness. Namun, kamu bia membuat nasi goreng kuning. Warna kuning ini dihasilkan oleh kunyit.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat nasi goreng kuning yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on