This page looks best with JavaScript enabled

Bagaimana Menyiapkan Nasi Mandhi Ayam Bakar, Bisa Manjain Lidah

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Mae Glover

Nasi Mandhi Ayam Bakar
Nasi Mandhi Ayam Bakar

Anda sedang mencari ide resep nasi mandhi ayam bakar yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi mandhi ayam bakar yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Bakar arang di atas api, lalu masukkan arang bakar ke dalam alumunium foil yang sudah diberi minyak. Ini step yang ga boleh dilewati. Di suasana libur Lebaran ini, jangan ragu menyajikan Nasi Mandhi Ayam.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi mandhi ayam bakar, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan nasi mandhi ayam bakar yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat nasi mandhi ayam bakar sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Nasi Mandhi Ayam Bakar memakai 17 bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Nasi Mandhi Ayam Bakar:
  1. Gunakan 500 gr Beras Basmati
  2. Gunakan 1 paket Bumbu Nasi Mandhi lengkap
  3. Ambil 1/2 ekor Ayam Kampung
  4. Gunakan Secukupnya Garam
  5. Gunakan Secukupnya Gula Pasir
  6. Ambil 1 bh Kaldu Blok
  7. Sediakan Bumbu Halus dan Iris
  8. Gunakan 1 bh Bawang Bombay
  9. Siapkan 6 siung Bawang Merah
  10. Siapkan 5 siung Bawang Putih
  11. Ambil 1 ruas Jahe
  12. Gunakan Bumbu Ayam Bakar
  13. Gunakan Saos Tomat
  14. Sediakan saos Barbeque
  15. Gunakan Kecap manis
  16. Sediakan Madu
  17. Sediakan Minyak Goreng

Untuk membuat bumbu nasi mandhinya, pertama letakkan dulu brasmati/beras ke rice cooker, isi dg air. Nasi ayam mandhi merupakan olahan nasi mandhi khas Arab dengan tambahan ayam panggang. Nasi mandhi merupakan hidangan tradisional dari bagian selatan Jazirah Arab yang kemudian menyebar ke Indonesia. Umumnya nasi mandhi terbuat dari nasi dengan campuran rempah-rempah khusus dan daging.

Langkah-langkah membuat Nasi Mandhi Ayam Bakar:
  1. Siapkan berbagai Bumbu Khas Nasi Mandhi. Rendam beras kurleb 30 menitan.
  2. Iris bawang merah dan bawang bombay. Haluskan bawang putih dan jahe. Sisihkan.
  3. Rebus ayam sampai keluar busa kotorannya. Buang busanya.
  4. Tumis bawang merah, bawang bombay, dan bumbu halus sampai layu. Masukkan bumbu bubuk nasi mandhi. Aduk rata.
  5. Tuang rebusan ayam dan airnya. Rebus ayam sampai matang dan empuk. Pisahkan ayam dan airnya.
  6. Campur air bumbu rebusan ayam dengan beras dan bumbu rempah lainnya, tambahkan air jika perlu sampai beras terendam semua. Masak sampai kuah menyusut.
  7. Campur saffron powder dengan sedikit air. Pindah nasi kedalam kukusan. Tengahnya taruh wadah tahan panas, isi minyak panas dan bara yang sudah dibakar. Tetesi nasi dengan saffron. Kukus sampai nasi matang. Keluarkan wadah bara api, aduk rata nasi.
  8. Untuk ayam bakar : Campur Minyak goreng, kecap manis, saos tomat, saos barbeque, dan madu. Aduk rata. Olesi ayam dengan bumbu, panggang sampai matang merata.
  9. Sajikan Nasi Mandhi dengan Ayam Bakar.

NASI KEBULI BANG MOCH (PUSAT) Jl. Cari produk Nasi Tumpeng lainnya di Tokopedia. Jual beli online aman dan nyaman hanya di Tokopedia. Nasi rempah Mandhi dengan ayam bakar yang dilengkapi dengan acar, emping dan sambal. Nasi rempah Kebuli dengan kambing bakar yang dilengkapi dengan acar, emping dan sambal.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Nasi Mandhi Ayam Bakar yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

Share on