This page looks best with JavaScript enabled

Bagaimana Membuat Cireng Nasi Sisa, Lezat Sekali

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Francis Jordan

Cireng Nasi Sisa
Cireng Nasi Sisa

Anda sedang mencari ide resep cireng nasi sisa yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal cireng nasi sisa yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cireng nasi sisa, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan cireng nasi sisa yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Membuat cireng nasi tidak diperlukan trik ataupun resep khusus. Selama ada nasi sisa yang belum basi. Lumayan kalau dibuat cireng, jadinya nasi tidak terbuang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat cireng nasi sisa sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Cireng Nasi Sisa memakai 8 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Cireng Nasi Sisa:
  1. Sediakan 1 mangkuk nasi sisa (kurang lebih 200 gr)
  2. Sediakan 150 gr tepung tapioka (resep asli 250gr, stok pas habis)
  3. Gunakan 1 sdt bawang putih bubuk (resep asli pakai 2 siung bawang putih)
  4. Siapkan 1/2 sdt garam
  5. Sediakan 1/2 sdt lada bubuk
  6. Sediakan 1/2 sdt kaldu ayam bubuk
  7. Gunakan 2 batang daun bawang
  8. Sediakan 100 ml air panas (resep asli 150 ml)

Cireng memang merupakan salah satu camilan yang disukai oleh banyak orang. Hidangan dari Jawa Barat ini umumnya dibuat dari tepung aci atau yang bisa disebut juga dengan tepung tapioka atau kanji. Nah, berikut ini cara membuat cireng dari nasi sisa yang bisa langsung Anda coba di rumah. Halaman Selanjutnya Merdeka.com - Nasi sisa semalam yang masih layak dimakan ternyata bisa diolah menjadi berbagai macam makanan, lho.

Cara menyiapkan Cireng Nasi Sisa:
  1. Masukkan nasi sisa dalam blender, tambahkan air panas, kemudian blender sampai agak halus (boleh di blender sampai halus, selera ya)
  2. Selanjutnya tuang dalam wadah, tambahkan tepung tapioka, aduk merata dengan adonan nasi, lalu masukkan bumbu2 bawang putih bubuk, garam, kaldu ayam bubuk, lada bubuk, irisan daun bawang. Aduk-aduk sampai bumbu merata dengan adonan.
  3. Siapkan minyak goreng, panaskan dengan api sedang, ambil satu sendok makan adonan lalu dorong dengan sendok lainnya masukkan dalam penggorengan, goreng hingga adonan mengering dan berwarna putih, angkat dan sajikan hangat-hangat. Cireng Nasi Sisa siap dinikmati untuk cemilan kumpul bersama keluarga 🤗😘

Berikut ini Merdeka.com menyajikan resep dan cara membuat cireng dari nasi sisa di rumah. Selain itu, ternyata membuat cireng juga bisa menggunakan nasi sisa, Bunda. Jadi, kalau di rumah Bunda yang ada nasi sisa, jangan dulu dibuang ya. Cocok banget nih buat dibikin jadi. Gorengan gurih ini paling enak jadi cemilan saat nonton TV dengan keluarga.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat cireng nasi sisa yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Share on