This page looks best with JavaScript enabled

Resep Aci Goreng (Nasi) dengan sambal Petis yang Lezat Sekali

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Lucile Perkins

Aci Goreng (Nasi) dengan sambal Petis
Aci Goreng (Nasi) dengan sambal Petis

Lagi mencari inspirasi resep aci goreng (nasi) dengan sambal petis yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal aci goreng (nasi) dengan sambal petis yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari aci goreng (nasi) dengan sambal petis, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan aci goreng (nasi) dengan sambal petis yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Lihat juga resep Aci Goreng (Nasi) dengan sambal Petis enak lainnya. Goreng hingga kecoklatan dengan cetakan bakwan. Sambal petis: goreng kacang, cabe, dan bawang putih, setelah matang haluskan.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat aci goreng (nasi) dengan sambal petis yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Aci Goreng (Nasi) dengan sambal Petis menggunakan 15 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Aci Goreng (Nasi) dengan sambal Petis:
  1. Gunakan 2-3 centong nasi
  2. Sediakan 2 siung bawang putih halus
  3. Sediakan 100 gr tepung tapioka/kanji
  4. Ambil 1 btg daun brambang
  5. Ambil 1/2 sdt lada bubuk
  6. Sediakan 1/4 sdt garam
  7. Siapkan 1/2 sdt kaldu sapi bubuk
  8. Sediakan 100 ml air
  9. Siapkan Minyak goreng
  10. Ambil Sambal Petis
  11. Ambil 1 sdm gula merah
  12. Sediakan 1 sdm asam jawa
  13. Siapkan 1 sdm petis madura (petis ikan)
  14. Sediakan 3 buah cabe rawit
  15. Gunakan secukupnya Air

Angkat dan Keripik Tempe siap disajikan dengan sambal petis. Tambahkan garam dan gula merah, ulek hingga halus dan rata. Masukan petis, ulek kembali hingga rata. Tambahkan air panas dan kecap manis.

Cara menyiapkan Aci Goreng (Nasi) dengan sambal Petis:
  1. Haluskan nasi menggunakan cobek
  2. Campurkan nasi dengan semua bahan yang ada kecuali air
  3. Panaskan air terlebih dahulu lalu tuangkan kedalam adoanan uleni sampai cireng dapat dibentuk
  4. Bentuk cireng lalu goreng

Buat sambal petis dengan menggoreng cabai rawit, lalu di ulek dengan petis, sedikit minyak sisa menggoreng cabai rawit, garam dan gula sesuai selera. Sajikan nasi putih dengan paru sapi, daging sapi, kering tempe, serundeng, dan sambal petis. Baca juga : Cara Membuat Nasi Jagung Telur petis misalnya, makanan ini asli dari Surabaya yang dibuat menggunakan petis dengan rasa yang cocok dengan lidah orang Indonesia. Di beberapa daerah, bahkan ada juga yang menambahkan petis tersebut dalam sambal rujak untuk rujak yang rasanya semakin gurih dan segar dalam pedasnya sambal tersebut. KOMPAS.com - Sambal petis khas Jawa Timur cocok dinikmati sebagai pendamping beragam makanan, misalnya tahu goreng.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat aci goreng (nasi) dengan sambal petis yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Share on