This page looks best with JavaScript enabled

Cara Gampang Menyiapkan Cireng Nasi, Menggugah Selera

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Hettie Simon

Cireng Nasi
Cireng Nasi

Lagi mencari inspirasi resep cireng nasi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal cireng nasi yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

cireng nasi crispy cireng cireng nasi tepung kanji cireng nasi bumbu rujak cireng nasi sisa Resep 'cireng nasi' paling teruji. Nasi dihaluskan diberi sedikit air. (Saya pake blender) masukkan garam, bawang putih, merica, penyedap. Siapkan minyak panas dgn api kecil.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cireng nasi, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan cireng nasi enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan cireng nasi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Cireng Nasi memakai 18 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Cireng Nasi:
  1. Sediakan 1 mangkok nasi sisa (haluskan, diulek)
  2. Siapkan 5 sdm aci / tapioka
  3. Ambil 1 sdm tepung maizena
  4. Gunakan 1 siung bawang putih (haluskan) sesuai selera
  5. Ambil 1/2 sdt ketumbar bubuk
  6. Siapkan 1 sdt garam
  7. Ambil 1/2 sdt kaldu bubuk
  8. Ambil 1/2 sdt merica
  9. Sediakan 2 batang daun bawang, iris tipis
  10. Gunakan 40-60 ml (sesuai kan aja)
  11. Sediakan Bahan Baluran :
  12. Gunakan 2-3 sdm aci / tapioka
  13. Siapkan Bumbu Rujak :
  14. Sediakan 3 buah cabe rawit
  15. Gunakan 1 siung bawang putih
  16. Gunakan 2 sdm gula merah
  17. Siapkan 3 buah asam
  18. Siapkan secukupnya Air

Dari nasi sisa bisa jadi hidangan yang istimewa? Yuk buktikan sendiri di rumah masak hidangan yang bertekstur kenyal ini. Rahasianya ada pada tepungnya, Bunda yaitu pakai Kobe Tepung Bumbu Putih. Menghasilkan camilan cireng yang Kress di luar, kenyal dan gurih di dalam.

Langkah-langkah membuat Cireng Nasi:
  1. Campur semua bahan aduk hingga merata
  2. Kemudian bulat bulatkan adonan dan pipihkan, disini aku pake sarung tangan plastik tp kalau kalian ga ada bisa pake sendok. Ambil 1 sendok trs di balur sama tapioka supaya ga lengket. Lakukan hingga adonan habis
  3. Siapkan wajan dan panaskan minyak, tinggal di goreng bun.. setelah matang, angkat dan tiriskan
  4. Tinggal buat bumbu rujaknya bun, ulek aja semua bahan bumbu rujaknya dan siap disantap

Cara membuat cireng nasi Foto: Dok. Untuk membuat cireng nasi cara dan bahannya cukup sederhana. Tahapan Memasak Cireng Nasi Siapkan nasi yang sudah dingin (tidak panas), jika baru dikeluarkan dari magicom maka diamkan dahulu. Setelah dingin, hancurkan nasi sampai lumat menggunakan sendok maupun ulegan. Bumbu : haluskan bawang putih, garam, ketumbar.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat cireng nasi yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Share on