This page looks best with JavaScript enabled

Bagaimana Membuat Cireng Nasi (sisa) yang Enak Banget

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Violet Dennis

Cireng Nasi (sisa)
Cireng Nasi (sisa)

Sedang mencari inspirasi resep cireng nasi (sisa) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal cireng nasi (sisa) yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cireng nasi (sisa), pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan cireng nasi (sisa) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

ASAL USUL MAKANAN Cireng (singkatan dari aci goreng, bahasa Sunda untuk 'tepung kanji goreng') adalah makanan ringan yang berasal dari daerah Sunda yang dibu. Membuat cireng nasi tidak diperlukan trik ataupun resep khusus. Selama ada nasi sisa yang belum basi.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan cireng nasi (sisa) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Cireng Nasi (sisa) memakai 8 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Cireng Nasi (sisa):
  1. Gunakan 300 grm nasi sisa
  2. Gunakan 2 siung Bawang putih
  3. Sediakan 1 sdm Penyedap (me:Royco)
  4. Ambil 1 batang daun bawang (lupa di masukkan)
  5. Ambil 1 sdt lada bubuk
  6. Gunakan 3 sdm Tepung tapioka
  7. Sediakan 50-100 ml Air panas
  8. Ambil Secukupnya minyak goreng untuk melumuri tangan

Rahasianya ada pada tepungnya, Bunda yaitu pakai Kobe Tepung Bumbu Putih. Menghasilkan camilan cireng yang Kress di luar, kenyal dan gurih di dalam. Kenapa harus Nasi Cireng, karena bahan-bahan yang diperlukan adalah dari nasi sisa makan kita. Jadi kalian kalau punya nasi sisa ada baiknya jangan dibuang terlebih dahulu ya.

Langkah-langkah membuat Cireng Nasi (sisa):
  1. Siapkan nasi sisa, jangan di blender di ulek-ulek aja hingga halus dan sedikit bertekstur, siapkan bumbu ulek bawang putih dan royco
  2. Tambahkan lada bubuk lalu tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit, beri air panas sedikit demi sedikit juga (saya tuang sedikit air panas di cobek sekalian bersihkan sisa bumbu ulek)
  3. Jika di rasa masih terlalu lembek kamu bisa tambahkan tepung tapioka lagi, uleni lagi hingga adonan bisa di bentuk, sebelum di bentuk lumuri dulu tangan dengan minyak goreng ya
  4. Lalu bentuk sesuai selera, bisa langsung di goreng dan bisa juga sebagian di simpan di kulkas. Goreng hingga kuning kecoklatan angkat, tiriskan dan sajikan (garing di luar lembut di dalam lho). Selamat mencoba 🤗

Masih bisa kok, diolah menjadi berbagai varian makanan lain yang lebih menggugah selera. Merdeka.com - Nasi sisa semalam yang masih layak dimakan ternyata bisa diolah menjadi berbagai macam makanan, lho. Berikut ini Merdeka.com menyajikan resep dan cara membuat cireng dari nasi sisa di rumah. Cireng memang merupakan salah satu camilan yang disukai oleh banyak orang. Hidangan dari Jawa Barat ini umumnya dibuat dari tepung aci atau yang bisa disebut juga dengan tepung tapioka atau kanji.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan cireng nasi (sisa) yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on