This page looks best with JavaScript enabled

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Nasi Goreng Jawa yang Bisa Manjain Lidah

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Brandon Bennett

Nasi Goreng Jawa
Nasi Goreng Jawa

Sedang mencari ide resep nasi goreng jawa yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi goreng jawa yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

William Wongso's Nasi Goreng Jawa uses a punchy spice paste called bumbu with shrimp paste for this comforting fried rice from Surabaya, a city in East Java, Indonesia. This Nasi Goreng Jawa (Javanese Fried Rice) recipe is commonly used for Indonesian. They usually make the fried rice without any meat, then later serve either with omelette or fried egg (or we call it Telur Mata Sapi), fried chicken and prawn cracker (krupuk udang).

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi goreng jawa, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan nasi goreng jawa enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan nasi goreng jawa sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Nasi Goreng Jawa memakai 10 jenis bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Nasi Goreng Jawa:
  1. Gunakan 2-3 piring nasi putih
  2. Gunakan 3 siung bawang putih
  3. Ambil 2 sdt tersasi, goreng/kukus
  4. Ambil 5 cabe rawit, sesuai selera
  5. Sediakan 1 sdt garam
  6. Siapkan 1 sdm saus tiram
  7. Ambil 1/2 sdt kaldu bubuk
  8. Ambil 1/4 bonggol kubis, dirajang
  9. Gunakan Segenggam teri, cuci bersih
  10. Ambil Telur mata sapi

Nasi goreng Jawa (bahasa Jawa: ꦱꦼꦒ ꦒꦺꦴꦉꦁ ꦗꦮ, translit. Sega gorèng Jåwå) adalah nasi goreng khas Jawa yang berbeda dengan nasi goreng China. Perbedaannya adalah nasi goreng China biasanya berwarna agak kuning karena dicampur kari untuk versi Kanton Singapura serta nasi goreng China RRC berwarna merah muda dengan lauk sayuran, daging babi dan udang atau nasi goreng dengan. Nasi Goreng is traditionally served with a fried egg and a side of fresh vegetables (commonly plain juicy wedges of tomato and cucumber).

Cara menyiapkan Nasi Goreng Jawa:
  1. Haluskan bawang putih dan cabe rawit
  2. Tumis teri, masukkan bumbu halus tumis hingga matang dan wangi
  3. Masukkan nasinya, tambahkan garam, saus tiram, kaldu bubuk
  4. Masukkan kubis
  5. Aduk hingga rata dan matang sempurna
  6. Jangan lupa koreksi rasanya
  7. Sajikan dengan telur ceplok, timun atau taburan brambang goreng
  8. Selamat mencoba

Both these side options are very typical in various parts of Asia to add protein and vegetables to a plate to turn something carb-heavy into a meal. Resep nasi goreng Jawa ini menjadi salah satu hidangan rekomendasi yang praktis, lezat, dan sangat menggugah selera. Pasalnya, hampir semua kalangan menyukai menu yang satu ini. Nasi goreng memang dikenal dengan cara mengolahnya yang terbilang mudah. Nasi Goreng Jawa (Javanese Fried Rice) Step By Step.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat nasi goreng jawa yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Share on