This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi goreng Jawa, Enak

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Philip Schwartz

Nasi goreng Jawa
Nasi goreng Jawa

Sedang mencari inspirasi resep nasi goreng jawa yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi goreng jawa yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi goreng jawa, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan nasi goreng jawa enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

William Wongso's Nasi Goreng Jawa uses a punchy spice paste called bumbu with shrimp paste for this comforting fried rice from Surabaya, a city in East Java, Indonesia. This Nasi Goreng Jawa (Javanese Fried Rice) recipe is commonly used for Indonesian. They usually make the fried rice without any meat, then later serve either with omelette or fried egg (or we call it Telur Mata Sapi), fried chicken and prawn cracker (krupuk udang).

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan nasi goreng jawa sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Nasi goreng Jawa memakai 15 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Nasi goreng Jawa:
  1. Ambil Bahan utama
  2. Ambil Nasi pera (160 cc beras)
  3. Gunakan Bumbu halus
  4. Ambil 2 siung Bawang merah
  5. Sediakan 1 siung Bawang putih
  6. Siapkan 9 buah Cabe rawit merah
  7. Ambil Ladaku (merica bubuk)
  8. Siapkan Tomat setengah (ukuran besar)
  9. Ambil Terasi (sesuai selera)
  10. Ambil Garam
  11. Siapkan Bahan tambahan
  12. Gunakan secukupnya Daun bawang
  13. Sediakan 1 buah Telur
  14. Ambil sesuai selera Daging ayam
  15. Siapkan sesuai selera Ikan teri

Nasi goreng Jawa (bahasa Jawa: ꦱꦼꦒ ꦒꦺꦴꦉꦁ ꦗꦮ, translit. Sega gorèng Jåwå) adalah nasi goreng khas Jawa yang berbeda dengan nasi goreng China. Perbedaannya adalah nasi goreng China biasanya berwarna agak kuning karena dicampur kari untuk versi Kanton Singapura serta nasi goreng China RRC berwarna merah muda dengan lauk sayuran, daging babi dan udang atau nasi goreng dengan. Nasi Goreng is traditionally served with a fried egg and a side of fresh vegetables (commonly plain juicy wedges of tomato and cucumber).

Langkah-langkah menyiapkan Nasi goreng Jawa:
  1. Simpan nasi pera dalam kulkas (sampai tekstur jadi mengering), biar lebih pera dan padat, g lembek.
  2. Goreng telur dadar orak arik, goreng ikan teri sampai agak kecoklatan, goreng ayam. Goreng secara terpisah, pisahkan dari penggorengan.
  3. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan daun bawang, tumis sampai daun layu dan bumbu merata. Gunakan api kecil.
  4. Masukkan ayam, telur, dan ikan teri. Aduk sebentar.
  5. Masukkan nasi pera, tambahkan garam dan ladaku bubuk sesuai selera.
  6. Aduk sampai merata, diamkan agar bumbu meresap dan matikan api.

Both these side options are very typical in various parts of Asia to add protein and vegetables to a plate to turn something carb-heavy into a meal. Nasi Goreng Jawa (Javanese Fried Rice) Step By Step. Heat the oil in the wok over medium-heat. Sauté the ground spices until fragrant. Keep stirring until the rice blended with the ground spices.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat nasi goreng jawa yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on