This page looks best with JavaScript enabled

Bagaimana Membuat Cireng Nasi, Menggugah Selera

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Edward Diaz

Cireng Nasi
Cireng Nasi

Anda sedang mencari ide resep cireng nasi yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal cireng nasi yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

cireng nasi crispy cireng cireng nasi tepung kanji cireng nasi bumbu rujak cireng nasi sisa Resep 'cireng nasi' paling teruji. Nasi dihaluskan diberi sedikit air. (Saya pake blender) masukkan garam, bawang putih, merica, penyedap. Siapkan minyak panas dgn api kecil.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cireng nasi, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan cireng nasi yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah cireng nasi yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Cireng Nasi menggunakan 16 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Cireng Nasi:
  1. Siapkan Secukupnya nasi sisa semalam
  2. Gunakan Secukupnya tepung tapioka
  3. Ambil 4 siung baput
  4. Siapkan 1 SDM ketumbar
  5. Siapkan 3 batang bawang prei
  6. Siapkan Secukupnya garam
  7. Gunakan Secukupnya merica
  8. Siapkan Secukupnya kaldu bubuk
  9. Ambil Secukupnya air panas
  10. Ambil Bahan sambel
  11. Gunakan 2 SDM gula merah yg telah diiris
  12. Sediakan 2 siung baput
  13. Sediakan 1 sdt asam jao
  14. Sediakan 1/4 potongan terasi (me:ABC)
  15. Siapkan 5 siung cabe setan
  16. Sediakan 50 ml air

Yuk buktikan sendiri di rumah masak hidangan yang bertekstur kenyal ini. Rahasianya ada pada tepungnya, Bunda yaitu pakai Kobe Tepung Bumbu Putih. Menghasilkan camilan cireng yang Kress di luar, kenyal dan gurih di dalam. Kreasiin aja jadi cemilan gurih yang gampang banget bikinnya dan pastinya enak!

Cara membuat Cireng Nasi:
  1. Pertama rendam selama 1 jam nasi sisanya kemudian saring dan pastikan tidak terlalu banyak mengandung air kemudian blender hingga halus sisihkan untuk bumbunya haluskan bawang putih ketumbar sisihkan
  2. Selanjutnya masukkan secukupnya tepung tapioka ke dalam adonan nasi yang sudah dihaluskan juga masukkan bumbu halus kemudian aduk rata ttambahkan garam merica bubuk dan kaldu aduk rata tes rasa jika sudah dirasa pas kemudian masukkan daun bawang yang telah di iris tipis kemudian aduk hingga rata
  3. Jika sudah sudah ambil secukupnya adonan kemudian bentuk sesuai selera tambahkan di tangan tepung tapioka agar adonan tidak menempel di tangan kemudian panaskan minyak lalu goreng hingga kuning kuning keemasan
  4. Untuk bumbu sambalnya semuanya dihaluskan kemudian masukkan air masak hingga mendidih tes rasa jika sudah dirasa pas langsung bisa disajikan bersama dengan cireng selamat mencoba

ASAL USUL MAKANAN Cireng (singkatan dari aci goreng, bahasa Sunda untuk 'tepung kanji goreng') adalah makanan ringan yang berasal dari daerah Sunda yang dibu. Cemilan tanggal tua, gampang bahan dan cara buatnya. #PekanPosbar #PekanPosbar_MasakSesuaiBudget #DutaRecookBorneo #DutaRecookSamarinda #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_id #MasakItuSaya Tahapan Memasak Cireng Nasi Siapkan nasi yang sudah dingin (tidak panas), jika baru dikeluarkan dari magicom maka diamkan dahulu. Setelah dingin, hancurkan nasi sampai lumat menggunakan sendok maupun ulegan. Bumbu : haluskan bawang putih, garam, ketumbar. Cara membuat cireng nasi Foto: Dok.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat cireng nasi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on