This page looks best with JavaScript enabled

Cara Gampang Menyiapkan Cireng Nasi Anti Gagal

 ·  ☕ 2 menit waktu baca  ·  ✍️ Alfred Wallace

Cireng Nasi
Cireng Nasi

Sedang mencari inspirasi resep cireng nasi yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal cireng nasi yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cireng nasi, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan cireng nasi yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat cireng nasi yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Cireng Nasi memakai 11 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Cireng Nasi:
  1. Siapkan 100 gram nasi sisa ± 1 mangkuk
  2. Siapkan 2 batang daun bawang, iris halus
  3. Sediakan 3 sdm tepung terigu
  4. Gunakan ± 250 gram tepung tapioca
  5. Gunakan 3 siung bawang putih
  6. Ambil 1/2 sdt ketumbar bubuk
  7. Ambil 1 sdt garam Himalaya
  8. Ambil 1/2 sdt kaldu daging (Jamur)
  9. Siapkan 2 sdm cabe merah giling (optional, kalau mau pedes aja)
  10. Gunakan secukupnya Air
  11. Ambil secukupnya Minyak goreng
Cara menyiapkan Cireng Nasi:
  1. Siapkan semua bahan². Iris halus daun bawang, dan haluskan bumbu ketumbar, bawang putih dan garam…
  2. Masak nasi dalam panci, beri secukupnya air untuk melunakkan nasi sampai nasi jadi lembek tapi tidak menjadi bubur, masih ada texture nasinya… Masukkan bumbu halus dan kaldu, aduk perlahan sampai rata
  3. Jika air sudah mulai menyusut, masukkan daun bawang iris dan cabe giling (jika suka pedas)
  4. Juga masukkan tepung terigu, aduk cepat agar rata dan tidak ada tepung yang menggumpal
  5. Matikan api dan angkat panci… dinginkan sejenak adonannya. Setelah agak hangat, masukkan sedikit² tepung tapioca nya, sambil diaduk agar tercampur merata dan adonan dapat dipulung / dibentuk.
  6. Ambil sesendok adonan lapisi tangan dengan taburan tepung tapioca agar adonannya tidak lengket di tangan. Bentuk asal bulat pipih dan lapisi taburan tepung tapioca
  7. Siapkan wajan, panaskan minyak goreng secukupnya… Goreng cireng, sering dibolakbalik gorengnya biar gak meletus 😱… Goreng hingga matang dan garing.
  8. Nikmati selagi hangat dengan saus atau sambal kesukaan… Saya menikmati dengan saus cuko pempek… Nikmatnyooo 😋

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Cireng Nasi yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

Share on