This page looks best with JavaScript enabled

Bagaimana Menyiapkan Nasi Goreng Jawa, Menggugah Selera

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Leona Powers

Nasi Goreng Jawa
Nasi Goreng Jawa

Sedang mencari ide resep nasi goreng jawa yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi goreng jawa yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

William Wongso's Nasi Goreng Jawa uses a punchy spice paste called bumbu with shrimp paste for this comforting fried rice from Surabaya, a city in East Java, Indonesia. Nasi goreng jawa (Indonesian for Javanese fried rice, Javanese: sega goreng jawa) is a Javanese-style of fried rice originated from Java. This dish can be found in Javanese cuisine and quite popular in Indonesia, especially Java.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi goreng jawa, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan nasi goreng jawa yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan nasi goreng jawa sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Nasi Goreng Jawa memakai 13 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Nasi Goreng Jawa:
  1. Siapkan 2 piring nasi putih
  2. Gunakan 2 butir telur
  3. Siapkan Kecap manis
  4. Sediakan Garam & Merica bubuk
  5. Ambil Kaldu jamur / totole (bisa skip atau diganti kaldu lain)
  6. Gunakan Ayam goreng, suir
  7. Siapkan 3 buah cabai merah, haluskan
  8. Sediakan 3 buah cabai rawit, haluskan
  9. Siapkan 3 siung bawang putih, haluskan
  10. Gunakan 4 siung bawang merah, haluskan
  11. Siapkan 1/2 Sdt Terasi bakar, haluskan
  12. Sediakan Timun & tomat
  13. Siapkan Kerupuk

Nasi goreng Jawa (bahasa Jawa: ꦱꦼꦒ ꦒꦺꦴꦉꦁ ꦗꦮ, translit. Sega gorèng Jåwå) adalah nasi goreng khas Jawa yang berbeda dengan nasi goreng China. Perbedaannya adalah nasi goreng China biasanya berwarna agak kuning karena dicampur kari untuk versi Kanton Singapura serta nasi goreng China RRC berwarna merah muda dengan lauk sayuran, daging babi dan udang atau nasi goreng dengan. Nasi Goreng is traditionally served with a fried egg and a side of fresh vegetables (commonly plain juicy wedges of tomato and cucumber).

Langkah-langkah menyiapkan Nasi Goreng Jawa:
  1. Panaskan minyak. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Sisihkan dipinggir wajan. Masukkan (1) telur. Aduk sampai matang (orak arik).
  2. Tambahkan nasi putih, kecap manis, garam, merica bubuk dan totole. Aduk rata. Masak sampai matang.
  3. Masukkan ayam suwir dan daun bawang. Aduk rata.
  4. Sajikan dengan telur ceplok, taburan bawang merah goreng, timun, tomat & kerupuk. Selamat menikmati.

Both these side options are very typical in various parts of Asia to add protein and vegetables to a plate to turn something carb-heavy into a meal. Nasi Goreng Jawa (Javanese Fried Rice) Step By Step. Heat the oil in the wok over medium-heat. Sauté the ground spices until fragrant. Keep stirring until the rice blended with the ground spices.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Nasi Goreng Jawa yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

Share on