This page looks best with JavaScript enabled

Langkah Mudah untuk Membuat Nasi Goreng Jawa, Menggugah Selera

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Curtis Robbins

Nasi Goreng Jawa
Nasi Goreng Jawa

Anda sedang mencari ide resep nasi goreng jawa yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi goreng jawa yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi goreng jawa, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan nasi goreng jawa enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

William Wongso's Nasi Goreng Jawa uses a punchy spice paste called bumbu with shrimp paste for this comforting fried rice from Surabaya, a city in East Java, Indonesia. This Nasi Goreng Jawa (Javanese Fried Rice) recipe is commonly used for Indonesian. They usually make the fried rice without any meat, then later serve either with omelette or fried egg (or we call it Telur Mata Sapi), fried chicken and prawn cracker (krupuk udang).

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan nasi goreng jawa sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Nasi Goreng Jawa memakai 13 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Nasi Goreng Jawa:
  1. Sediakan 2 piring nasi putih
  2. Gunakan 2 butir telur
  3. Gunakan Kecap manis
  4. Gunakan Garam & Merica bubuk
  5. Gunakan Kaldu jamur / totole (bisa skip atau diganti kaldu lain)
  6. Siapkan Ayam goreng, suir
  7. Ambil 3 buah cabai merah, haluskan
  8. Siapkan 3 buah cabai rawit, haluskan
  9. Ambil 3 siung bawang putih, haluskan
  10. Ambil 4 siung bawang merah, haluskan
  11. Gunakan 1/2 Sdt Terasi bakar, haluskan
  12. Ambil Timun & tomat
  13. Gunakan Kerupuk

Cara membuat nasi goreng Jawa ini terbilang mudah dan gampang. Cukup memadukan bumbu-bumbu dasar khas Nusantara seperti bawang putih, bawang merah, dan cabai. Kemudian diaduk rata lalu dicampur nasi. Tak lupa tuangkan kecap manis untuk menambah cita rasa spesial.

Langkah-langkah menyiapkan Nasi Goreng Jawa:
  1. Panaskan minyak. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Sisihkan dipinggir wajan. Masukkan (1) telur. Aduk sampai matang (orak arik).
  2. Tambahkan nasi putih, kecap manis, garam, merica bubuk dan totole. Aduk rata. Masak sampai matang.
  3. Masukkan ayam suwir dan daun bawang. Aduk rata.
  4. Sajikan dengan telur ceplok, taburan bawang merah goreng, timun, tomat & kerupuk. Selamat menikmati.

Only logged in customers who have purchased this product may leave a review. Nasi Goreng is traditionally served with a fried egg and a side of fresh vegetables (commonly plain juicy wedges of tomato and cucumber). Both these side options are very typical in various parts of Asia to add protein and vegetables to a plate to turn something carb-heavy into a meal. Nasi goreng Jawa (bahasa Jawa: ꦱꦼꦒ ꦒꦺꦴꦉꦁ ꦗꦮ, translit. Sega gorèng Jåwå) adalah nasi goreng khas Jawa yang berbeda dengan nasi goreng China.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan nasi goreng jawa yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on