This page looks best with JavaScript enabled

Langkah Mudah untuk Membuat Nasi Goreng Jawa Anti Gagal

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Lenora Sanders

Nasi Goreng Jawa
Nasi Goreng Jawa

Sedang mencari ide resep nasi goreng jawa yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi goreng jawa yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

William Wongso's Nasi Goreng Jawa uses a punchy spice paste called bumbu with shrimp paste for this comforting fried rice from Surabaya, a city in East Java, Indonesia. This Nasi Goreng Jawa (Javanese Fried Rice) recipe is commonly used for Indonesian. They usually make the fried rice without any meat, then later serve either with omelette or fried egg (or we call it Telur Mata Sapi), fried chicken and prawn cracker (krupuk udang).

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi goreng jawa, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan nasi goreng jawa enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan nasi goreng jawa sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Nasi Goreng Jawa menggunakan 16 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Nasi Goreng Jawa:
  1. Ambil 1 piring nasi putih
  2. Gunakan 1 butir telur
  3. Siapkan 1/4 buah bawang bombay, iris tipis
  4. Sediakan 1 sdm kecap manis
  5. Ambil 1/2 sdm saos cabe
  6. Siapkan 1/2 sdm saus tiram
  7. Gunakan 1/2 sdt lada putih
  8. Ambil 1 sdm margarin utk menumis
  9. Sediakan Sayuran pelengkap :
  10. Ambil 1 helai daun bawang, iris tipis
  11. Siapkan 2 lembar daun kol / kubis
  12. Ambil Bumbu Halus :
  13. Gunakan 4 siung bawang merah
  14. Siapkan 2 siung bawang putih
  15. Ambil 1 buah kemiri
  16. Sediakan 1/2 sdt garam

Kamu juga bisa menambahkan menu tambahan lain saat menyajikan nasi goreng. Misalnya disajikan bersama telur mata sapi, telur omelet dan sejenisnya. Nah sekarang Kamu akan dibawa untuk mengulik cara memasak nasi goreng khas Jawa dengan bumbu sederhana tetapi menghasilkan. Sedangkan nasi goreng pilihan banyak masyarakat tak lain adalah nasi goreng Jawa.

Langkah-langkah membuat Nasi Goreng Jawa:
  1. Siapkan bahan2nya
  2. Ceplok telur, masak.sampai matang, sisihkan (telur saya ceplok ya, jd sy masak terpisah dr nasi)
  3. Haluskan bumbu
  4. Siapkan nasi dlm wadah, masukkan kecap, saus cabe, saus tiram, lada putih, campur rata.nasi saya campur di wadah sblm dimasak, agar lbh merata bumbunya.
  5. Siapkan wajan, lelehkan margarin.tumis bumbu halus dan bawang bombay sampai harum.masukkan daun kol, tambah sedikit air agar tdk gosong(air sedikit saja ya) tunggu sampai daun kol agak layu. masukkan nasi yg sudah dibumbui td.aduk2 merata, cek rasa. terakhir masukkan daun bawang, aduk2 sebentar.matikan kompor
  6. Sajikan di piring, taburi dg bawang goreng supaya lbh wangi, tambahkan telur ceplok, timun dan krupuk sbg pendamping.

Cara membuat nasi goreng Jawa ini terbilang mudah dan gampang. Cukup memadukan bumbu-bumbu dasar khas Nusantara seperti bawang putih, bawang merah, dan cabai. Kemudian diaduk rata lalu dicampur nasi. Tak lupa tuangkan kecap manis untuk menambah cita rasa spesial. Nasi goreng Jawa (bahasa Jawa: ꦱꦼꦒ ꦒꦺꦴꦉꦁ ꦗꦮ, translit.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat nasi goreng jawa yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Share on