This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi goreng jawa Anti Gagal

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Cecilia Nguyen

Nasi goreng jawa
Nasi goreng jawa

Anda sedang mencari inspirasi resep nasi goreng jawa yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi goreng jawa yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi goreng jawa, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan nasi goreng jawa yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

William Wongso's Nasi Goreng Jawa uses a punchy spice paste called bumbu with shrimp paste for this comforting fried rice from Surabaya, a city in East Java, Indonesia. This Nasi Goreng Jawa (Javanese Fried Rice) recipe is commonly used for Indonesian. They usually make the fried rice without any meat, then later serve either with omelette or fried egg (or we call it Telur Mata Sapi), fried chicken and prawn cracker (krupuk udang).

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah nasi goreng jawa yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Nasi goreng jawa menggunakan 15 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Nasi goreng jawa:
  1. Sediakan 3 centong nasi putih
  2. Siapkan 6 siung bawang merah
  3. Ambil 4 siung bawang putih
  4. Siapkan 5 buah cabe rawit
  5. Sediakan 5 buah cabe keriting
  6. Sediakan 1 sdm saus tomat
  7. Siapkan 4 lbr sawi,iris²
  8. Siapkan 1 btr telur yng sudah diorak arik
  9. Gunakan 3 buah baso sapi, potong²
  10. Ambil 1/2 sdm kecap manis
  11. Sediakan Sckpnx minyak wijen
  12. Siapkan Sckpnx gula
  13. Siapkan Sckpnx garam
  14. Siapkan Sckpnx kaldu bubuk
  15. Ambil Sckpnx minyak goreng

Sedangkan nasi goreng pilihan banyak masyarakat tak lain adalah nasi goreng Jawa. Cara membuat nasi goreng Jawa ini terbilang mudah dan gampang. Cukup memadukan bumbu-bumbu dasar khas Nusantara seperti bawang putih, bawang merah, dan cabai. Kemudian diaduk rata lalu dicampur nasi.

Cara menyiapkan Nasi goreng jawa:
  1. Pertama siapkan semua bahan. Haluskan cabe keriting,rawit,bawang merah,bawang putih.
  2. Lalu tumis bumbu yang dihaluskan tadi. Masukkan irisan baso dan nasi.aduk2 sampai tercampur rata.
  3. Setelah tercampur,lalu masukkan saus dan kecap.aduk rata.
  4. Lalu masukkan sawi dan telur. Lalu tambahkan garam dan gula secukupnya,cek rasa.
  5. Terakhir masukkan kaldu bubuk dan minyak wijen.aduk2 sampai matang sempurna..
  6. Siap deh,,, selamat mencoba 👍🏻👍🏻😉,bisa ditambah pelengkap timun dan kerupuk yaaa… Thanks 🙏🏻

Tak lupa tuangkan kecap manis untuk menambah cita rasa spesial. Nasi goreng Jawa (bahasa Jawa: ꦱꦼꦒ ꦒꦺꦴꦉꦁ ꦗꦮ, translit. Sega gorèng Jåwå) adalah nasi goreng khas Jawa yang berbeda dengan nasi goreng China. Perbedaannya adalah nasi goreng China biasanya berwarna agak kuning karena dicampur kari untuk versi Kanton Singapura serta nasi goreng China RRC berwarna merah muda dengan lauk sayuran, daging babi dan udang atau nasi goreng dengan. Berbekal bahan-bahan yang mudah untuk didapatkan, nasi goreng Jawa adalah solusi dari masalah lapar kamu - khususnya ketika malam datang menjemput.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat nasi goreng jawa yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Share on