This page looks best with JavaScript enabled

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Nasi Goreng Jawa, Menggugah Selera

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Polly Wood

Nasi Goreng Jawa
Nasi Goreng Jawa

Anda sedang mencari inspirasi resep nasi goreng jawa yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi goreng jawa yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi goreng jawa, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan nasi goreng jawa yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

William Wongso's Nasi Goreng Jawa uses a punchy spice paste called bumbu with shrimp paste for this comforting fried rice from Surabaya, a city in East Java, Indonesia. This Nasi Goreng Jawa (Javanese Fried Rice) recipe is commonly used for Indonesian. They usually make the fried rice without any meat, then later serve either with omelette or fried egg (or we call it Telur Mata Sapi), fried chicken and prawn cracker (krupuk udang).

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan nasi goreng jawa sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Nasi Goreng Jawa menggunakan 14 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Nasi Goreng Jawa:
  1. Ambil 2 porsi Nasi putih
  2. Gunakan 1 batang daun bawang
  3. Gunakan 3 sdm kecap manis
  4. Gunakan 1 butir telur kocok lepas
  5. Gunakan 1 sdm minyak wijen (opsional)
  6. Siapkan Minyak untuk menumis
  7. Sediakan 🍅Bumbu Halus)
  8. Siapkan 4 siung bawang merah
  9. Siapkan 2 siung bawah putih
  10. Ambil 1 buah cabe merah besar
  11. Ambil 5 buah cabe rawit
  12. Siapkan Sedikit terasi
  13. Sediakan 1/4 sdt merica
  14. Sediakan Secukupnya garam

Sedangkan nasi goreng pilihan banyak masyarakat tak lain adalah nasi goreng Jawa. Cara membuat nasi goreng Jawa ini terbilang mudah dan gampang. Cukup memadukan bumbu-bumbu dasar khas Nusantara seperti bawang putih, bawang merah, dan cabai. Kemudian diaduk rata lalu dicampur nasi.

Cara menyiapkan Nasi Goreng Jawa:
  1. Panaskan minyak, masukkan telur lalu orak arik, sisihkan
  2. Tumis bumbu hingga wangi,kemudian masukkan nasi aduk2 hingga tercampur rata
  3. Tambahkan garam,winyak wijen, dan kecap manis lalu aduk2 lagi hingga rata, jangan lupa koreksi rasa
  4. Masukkan telur orak arik & daun bawang lalu aduk2 lagi hingga rata, gunakan api sedang agar nasi tidak terlalu kering. Selamat mencoba

Tak lupa tuangkan kecap manis untuk menambah cita rasa spesial. Nasi goreng Jawa (bahasa Jawa: ꦱꦼꦒ ꦒꦺꦴꦉꦁ ꦗꦮ, translit. Sega gorèng Jåwå) adalah nasi goreng khas Jawa yang berbeda dengan nasi goreng China. Perbedaannya adalah nasi goreng China biasanya berwarna agak kuning karena dicampur kari untuk versi Kanton Singapura serta nasi goreng China RRC berwarna merah muda dengan lauk sayuran, daging babi dan udang atau nasi goreng dengan. Berbekal bahan-bahan yang mudah untuk didapatkan, nasi goreng Jawa adalah solusi dari masalah lapar kamu - khususnya ketika malam datang menjemput.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Nasi Goreng Jawa yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on