This page looks best with JavaScript enabled

Bagaimana Membuat Nasi Goreng Jawa yang Enak

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Russell Paul

Nasi Goreng Jawa
Nasi Goreng Jawa

Sedang mencari ide resep nasi goreng jawa yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi goreng jawa yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi goreng jawa, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan nasi goreng jawa yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

William Wongso's Nasi Goreng Jawa uses a punchy spice paste called bumbu with shrimp paste for this comforting fried rice from Surabaya, a city in East Java, Indonesia. This Nasi Goreng Jawa (Javanese Fried Rice) recipe is commonly used for Indonesian. They usually make the fried rice without any meat, then later serve either with omelette or fried egg (or we call it Telur Mata Sapi), fried chicken and prawn cracker (krupuk udang).

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah nasi goreng jawa yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Nasi Goreng Jawa memakai 10 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Nasi Goreng Jawa:
  1. Ambil Bawang putih cincang halus atau diparut
  2. Ambil Bawang merah cincang
  3. Siapkan Bawang Bombay cincang
  4. Ambil Cabe rawit cincang
  5. Siapkan potong Daun bawang
  6. Ambil Kecambah
  7. Sediakan Nasi
  8. Gunakan Garam
  9. Ambil Kaldu jamur
  10. Ambil Sisa tumisan cumi

Sedangkan nasi goreng pilihan banyak masyarakat tak lain adalah nasi goreng Jawa. Cara membuat nasi goreng Jawa ini terbilang mudah dan gampang. Cukup memadukan bumbu-bumbu dasar khas Nusantara seperti bawang putih, bawang merah, dan cabai. Kemudian diaduk rata lalu dicampur nasi.

Langkah-langkah membuat Nasi Goreng Jawa:
  1. Panaskan minyak lalu tumis bawang putih yang sudah dicincang atau diparut dan bawang merah tumis hingga harum
  2. Masukkan bawang bombay tumis hingga harum, masukkan sisa tumisan cumi (berhubung saya ada sisa tumisan cumi bisa di skip)
  3. Masukkan potongan cabe dan nasi putih aduk hingga bumbu merata
  4. Bumbu i dengan garam dan kaldu jamur, bisa ditambahkan saus tomat atau saus sambal sesuai selera(berhubung saya menggunakan sisa tumisan cumi saya skip langkah ini)
  5. Koreksi rasa, jika sudah pas tambahkan irisan daun bawang dan kecambah
  6. Bisa disajikan dengan telur dadar atau ceplok sesuai selera

Tak lupa tuangkan kecap manis untuk menambah cita rasa spesial. Nasi goreng Jawa (bahasa Jawa: ꦱꦼꦒ ꦒꦺꦴꦉꦁ ꦗꦮ, translit. Sega gorèng Jåwå) adalah nasi goreng khas Jawa yang berbeda dengan nasi goreng China. Perbedaannya adalah nasi goreng China biasanya berwarna agak kuning karena dicampur kari untuk versi Kanton Singapura serta nasi goreng China RRC berwarna merah muda dengan lauk sayuran, daging babi dan udang atau nasi goreng dengan. Berbekal bahan-bahan yang mudah untuk didapatkan, nasi goreng Jawa adalah solusi dari masalah lapar kamu - khususnya ketika malam datang menjemput.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Nasi Goreng Jawa yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on