This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi Kebuli yang Bisa Manjain Lidah

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Sean Wilkins

Nasi Kebuli
Nasi Kebuli

Sedang mencari ide resep nasi kebuli yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi kebuli yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

A nasi kebuli is a fragrant white rice cooked with a herb mix of warm flavours like cinnamon, nutmeg and cloves. The wiki page about nasi kebuli states that the rice is cooked in a goat broth. Beb refers for this nasi kebuli to the recipe for 'Rice Cooking'.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi kebuli, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan nasi kebuli enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat nasi kebuli yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Nasi Kebuli menggunakan 15 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Nasi Kebuli:
  1. Sediakan 200 gr beras
  2. Siapkan 750 ml air
  3. Sediakan 500 gr ayam, potong
  4. Siapkan 2 sdt garam
  5. Gunakan 250 ml air (untuk masak ayam)
  6. Gunakan 1 bungkus bumbu gulai instan
  7. Gunakan 3 siung bawang putih, cincang
  8. Siapkan 3 butir bawang merah, cincang
  9. Ambil 1/2 buah bawang bombay, cincang
  10. Ambil 1 buah tomat, potong dadu
  11. Ambil 2 lembar daun salam
  12. Siapkan 1 batang serai, geprek
  13. Siapkan 2 lembar daun jeruk
  14. Sediakan 2 sdm mentega
  15. Sediakan Acar Nanas :

Bahan-bahan inilah yang memberikan cita rasa khas pada hidangan tersebut. Namun ternyata, nasi kebuli ini tidak ada di negara-negara Timur Tengah. Nasi kebuli ternyata hanya ada di Indonesia. Namun ada hidangan bernama 'nasi kabli' di Timur Tengah.

Langkah-langkah menyiapkan Nasi Kebuli:
  1. Panaskan margarin, tumis bawang merah, bawang putih dan bombai hingga layu.
  2. Masukkan tomat dan bumbu gulai, aduk hingga tercampur rata.
  3. Masukkan ayam, daun salam, daun jeruk, dan serai. Aduk hingga ayam berubah warna. Tuang air (250 ml). Aduk rata, masak hingga ayam empuk dan matang. Tapi usahakan air masih ada sedikit.
  4. Sisihkan ayam, masak kembali sisa bumbu dengan menambahkan air (750 ml). Masak hingga mendidih (jangan lupa beri garam).
  5. Saring air kaldu bumbu. Masukkan beras ke magic com/rice cooker. Tuang air kaldu beri daun salam, daun jeruk dan serai (bekas ungkep ayam). Masak nasi kebuli. Setelah matang diamkan 10 menit, baru diaduk-aduk. Nasi siap disajikan dengan ayam goreng dan acar nanas 😊

Maka mungkin saja masyarakat Indonesia 'terpeleset lidah' ketika menyebut nasi kabli. Nasi kebuli dari Nasi Kebuli Jakarta ini dibuat dengan menggunakan nasi basmati yang dimasak dengan berbagai bumbu rempah yang khas sehingga menghasilkan rasa yang autentik. Nasi kebuli ini juga dilengkapi dengan potongan daging kambing yang besar namun tetap empuk dan juicy , acar, sambal dan sayuran segar. Kami menggunakan beras import india Nasi kebuli (kabuli) merupakan hidangan dengan penuh rempah. Perjalanan nasi ini datang ke Indonesia karena nasi kebuli dibuat oleh warga keturunan Arab Saudi yang telah menetap di Indonesia.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Nasi Kebuli yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

Share on