This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi Kebuli Ayam yang Bikin Ngiler

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Louisa Stephens

Nasi Kebuli Ayam
Nasi Kebuli Ayam

Lagi mencari inspirasi resep nasi kebuli ayam yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi kebuli ayam yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi kebuli ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan nasi kebuli ayam enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Tapi proses yang panjang membuahkan hasil yang manis, enak banget pokok nya, cocok untuk. Tak hanya itu, nasi kebuli ini juga ditambahkan dengan bahan lain, seperti kaldu, daging, susu, dan minyak samin untuk hadirkan rasa yang kuat dan aroma yang mantap. Nasi kebuli ada banyak sekali variasinya, mulai dari nasi kebuli sapi, nasi kebuli kambing, dan nasi kebuli domba.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat nasi kebuli ayam sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Nasi Kebuli Ayam memakai 22 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Nasi Kebuli Ayam:
  1. Sediakan 2 liter beras cuci bersih
  2. Ambil 1 liter santan
  3. Siapkan 1 ekor ayam negri ambil dagingnya potong dadu
  4. Ambil 1 buah bawang bombay iris-iris
  5. Ambil 4 sdm mentega
  6. Siapkan Bumbu halus di sangrai terlebih dahulu
  7. Sediakan 10 siung bawang merah
  8. Sediakan 8 siung bawang putih
  9. Sediakan 6 butir kemiri
  10. Ambil 1 sdt ketumbar
  11. Gunakan 1 sdt lada
  12. Gunakan 1 sdt jinten
  13. Sediakan 1 sdt cengkeh
  14. Sediakan 1 sdt kapulaga
  15. Siapkan 1 ruas kayumanis
  16. Gunakan 1/2 butir pala
  17. Ambil 2 ruas kunyit
  18. Ambil 3 ruas jahe
  19. Siapkan 4 sdm garam
  20. Sediakan 1 sdt gula putih
  21. Ambil 1 sdm penyedap rasa
  22. Siapkan 2 sdm kismis

Biasanya, Nasi Kebuli menggunakan daging kambing. Namun, tak jarang pula ada yang menggunakan ayam sebagai lauknya. Soal rasa, hidangan ini terkenal dengan aroma dan bumbu rempah-rempah yang kuat. Penggunaan ketumbar, cengkih, jintan, kapulaga, pala, dan kayumanis sudah tidak asing pada Nasi Kebuli Ayam.

Langkah-langkah menyiapkan Nasi Kebuli Ayam:
  1. Siapkan semua bahan. Bumbu yang di sangrai di haluskan dengan diblender. Siapkan mentega untuk menumis bawang bombay.
  2. Tumis bombay hingga harum kemudian tuang bumbu halus aduk hingga harum dan matang. Kemudian masukkan ayam aduk kembali hingga tercampur rata.
  3. Tuang santan lalu beri garam, gula dan penyedaprasa aduk kembali masak hingga mendidih. Setelah mendidih icip rasa bisa ditambahkan garam bila kurang asin. Ambil isian ayam pada santan tuang pada beras yang telah ditaruh pada panci, tuangkan pula santan secukupnya masak seperti mengaroni nasi.
  4. Setelah beras menjadi karonan kukus pada dandang dan beri taburan kismis masak hingga matang kurang lebih 30menit.

Rebus santan dan beras, aduk rata. Kukus beras dalam kukusan hingga setengah matang. Tumis bumbu halus bersama rempah lainnya dengan minyak samin hingga harum dan matang. Nasi Kebuli Ayam, satu resep klasik yang lezat untuk dinikmati setiap hari apalagi untuk berbuka puasa ataupun hari raya lainnya. Mari kita simak bersama cara membuatnya di sini!

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Nasi Kebuli Ayam yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

Share on