This page looks best with JavaScript enabled

Cara Gampang Membuat Nasi Kebuli Betawi, Enak Banget

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Thomas Stevens

Nasi Kebuli Betawi
Nasi Kebuli Betawi

Anda sedang mencari ide resep nasi kebuli betawi yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi kebuli betawi yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Nasi Kebuli, Nasi Gurih Kaya Rempah Yang Begitu Menggoda Selera. Nasi kebuli adalah hidangan nasi kaya rempah dengan aroma khas yang bercita rasa gurih & lezat. Hidangan yang identik dengan Timur Tengah ini sangat populer di kalangan warga Betawi & masyarakat keturunan Arab di Indonesia.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi kebuli betawi, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan nasi kebuli betawi enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan nasi kebuli betawi sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Nasi Kebuli Betawi memakai 23 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Nasi Kebuli Betawi:
  1. Gunakan 500 gr beras basmati/beras india
  2. Gunakan 500 gr daging kambing bagian paha/iga
  3. Ambil 1 siung bawang bombay, iris
  4. Siapkan 6 butir kapulaga hijau
  5. Ambil 2 batang kayu manis
  6. Siapkan 4 butir cengkeh
  7. Ambil 6 butir lada hitam
  8. Siapkan 1 batang sereh, memarkan
  9. Gunakan 3 lembar daun salam
  10. Siapkan 2 sdm Mentega
  11. Sediakan 1 bungkus santan instan
  12. Sediakan secukupnya Air
  13. Sediakan Bumbu dihaluskan:
  14. Siapkan 6 siung bawang merah
  15. Gunakan 10 siung bawang putih
  16. Siapkan 1 sdt ketumbar bubuk
  17. Ambil 1/3 sdt merica bubuk
  18. Ambil 1/2 ruas jahe
  19. Siapkan 1 ruas lengkuas
  20. Sediakan 2 ruas kunyit
  21. Sediakan Garam
  22. Sediakan Pelengkap:
  23. Sediakan Acar mentimun

Namun saat ini ada juga resep kebuli ayam ataupun resep kebuli daging sapi. Resep Nasi Kebuli Kambing Khas Arab Betawi. Yup, resep ini memang tanpa repot alias tidak ribet 😁. Ikuti resep di web nya HappyFresh dan ada step yang agak dirubah biar makin gampang bikinnya 😁.

Langkah-langkah membuat Nasi Kebuli Betawi:
  1. Cuci beras basmati hingga 2x. Kemudian rendam selama 2 jam.
  2. Rebus daging kambing bersama bumbu sampai hampir empuk dengan api sedang. Kemudian saring kaldunya.
  3. Tumis bawang bombay dengan mentega.
  4. Masak hingga matang beras basmati bersama daging kambing dengan menggunakan kaldu, santan dan tambahan bumbu rempah-rempah.
  5. Siap disajikan dengan acar mentimun.

Masukkan kayu manis, cengkeh, kapulaga, aduk hingga tercium aroma wangi. Tambahkan daging kambing, aduk sampai kaku. Tuangkan air, masak hingga daging kambing menjadi lunak. JAKARTA - Nasi kebuli merupakan resep asli khas Betawi yang sangat populer di Indonesia. Nasi yang diolah dengan beragam rempah-rempah ini beraroma harum dan bercita rasa gurih melezatkan.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan nasi kebuli betawi yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on