This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi Kebuli AKA Nasi Qabli, Bisa Manjain Lidah

 ·  ☕ 4 menit waktu baca  ·  ✍️ Craig Williams

Nasi Kebuli AKA Nasi Qabli
Nasi Kebuli AKA Nasi Qabli

Sedang mencari inspirasi resep nasi kebuli aka nasi qabli yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi kebuli aka nasi qabli yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi kebuli aka nasi qabli, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan nasi kebuli aka nasi qabli yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Resep Nasi Kebuli AKA Nasi Qabli. Lihat juga resep Nasi Kabuli Khas Kalimantan Selatan enak lainnya. Qabli Rice salah satu masakan khas timur tengah yang juga sering kita temui di beberapa negara asia tenggara spt Indonesia, malaysia dan singapura, brunei.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah nasi kebuli aka nasi qabli yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Nasi Kebuli AKA Nasi Qabli memakai 17 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Nasi Kebuli AKA Nasi Qabli:
  1. Gunakan 1 kg Daging iga kambing (boleh diganti sapi atau ayam atau ikan)
  2. Siapkan 2,5 gelas uk. 1liter Beras basmati (boleh pakai beras biasa)
  3. Sediakan 3 sdm Bumbu Arab mix kabsah (lihat resep arabian mix spice punya saya ya) (lihat resep)
  4. Gunakan 2 sdm Bumbu Arab mix briyani (lihat Arabian mix spice punya saya) (lihat resep)
  5. Ambil 3-5 sdm bumbu dasar putih (lihat resep bumbu dasar saya) (lihat resep)
  6. Sediakan 6 sdm ghee atau minyak samin (bisa diganti mentega atau margarin)
  7. Ambil 2-3 ruas daun kari (kalau tidak ada bisa diganti bubuk kari 1-2sachet)
  8. Gunakan 3-5 batang sereh
  9. Gunakan 2 buah loomy atau jeruk hitam (boleh diganti dengan daun jeruk)
  10. Sediakan 1/2 buah pala
  11. Ambil 1/2 ruas jahe
  12. Ambil 2 buah kaldu
  13. Ambil 2 lembar bay leave (boleh diganti daun salam kalau gada gausah gapapa)
  14. Sediakan secukupnya minyak goreng
  15. Siapkan secukupnya garam
  16. Siapkan 2-4 liter susu cair plain (kalau kurang boleh ditambah air, atau boleh juga pakai SKM tapi kurangi gula atau ga pakai)
  17. Ambil 2 sdm pasta tomat (boleh diganti saus tomat jumlahnya 3-4xlebih banyak, kalau gada juga boleh diganti tomat diblender 3-4buah)

Kabuli palaw is cooked in large shallow and thick dishes. Fried sliced carrots and raisins are added. Chopped nuts like pistachios, walnuts, or almonds may be added as well. Jual Nasi Kebuli di Bekasi - Sebagai menu makanan khas Arab, Nasi Kebuli memang paling cocok untuk dinikmati sebagai menu berbuka atau lebaran.

Cara menyiapkan Nasi Kebuli AKA Nasi Qabli:
  1. Cuci beras hingga bersih, terakhir rendam dengan air panas (supaya awet ga cepet basi pakai air panas), sisihkan, siapkan bumbu, panaskan minyak dan 2sdm minyak samin (boleh ganti margarin atau butter atau minyak semua, mana aja yang gampang)
  2. Tumis bumbu dasar putih, setelah wangi, masukan bumbu lainnya (sereh dan jahe di geprek), setelah wangi masukan semua daun-daun, tumis hingga wangi (sejujurnya, kemarin ada sisa daun kunyit mau layu, saya masukin aja sekalian, tapi resep aslinya gada ya hehehe)
  3. Kemudian masukan daging kambing (boleh diganti daging sapi, ikan, udang-masaknya ga lama, telur dst apa aja yang gampang, jangan susah ya😊), setelah mulai berubah warna, masukan susu cair tingginya setinggi beras tbasmatinya, kalau pakai beras biasa 3/4ruas dari 1ruas jari aja(boleh full susu cair, boleh ditambah air, boleh pakai SKM), masukan pasta tomat (boleh pakai saus tomat)
  4. Pisahkan kuahnya masukan beras yang telah direndam, tutup panci, kecilkan api (seperti ngeliwet), ketika cairan habis, matikan jangan langsung dibuka supaya uap panasnya membuat tanak nasi matang, setelah dibuka, masih panas beri minyak samin (atau mentega atau margarin) aduk balik agar minyak samin & bumbu juga rata, tutup kembali agar tetap hangat). biarkan daging empuk & air sat, bisa dibakar atau digoreng atau dimakan aja
  5. Beri taburan bawang goreng, tata dengan daging kambing, siap dinikmatiiiiiih😋👍🏻ajiiib nikmeh alhamduliLlah

Dalam prakteknya, membuat Nasi Kebuli dengan tangan sendiri memang tidak mudah. Apalagi jika tidak memiliki keterampilan memasak sama sekali. Cara memasak nasi goreng ala restaurant. Minyak goreng di tuangkan ke dalam wajan,kemudian panaskan wajan dengan api yang sedang. Catering Nasi Kebuli Jakarta - Nasi Kebuli khas Timur Tengah yang ada di Indonesia kini menawarkan cita rasa yang sangat elegan dengan visualisasi yang menggugah selera.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat nasi kebuli aka nasi qabli yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on