This page looks best with JavaScript enabled

Cara Gampang Membuat Lumpia Isi Sayuran (tinggal goreng) yang Sempurna

 ·  โ˜• 4 menit waktu baca  ·  โœ๏ธ John Reese

Lumpia Isi Sayuran (tinggal goreng)
Lumpia Isi Sayuran (tinggal goreng)

Anda sedang mencari ide resep lumpia isi sayuran (tinggal goreng) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal lumpia isi sayuran (tinggal goreng) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari lumpia isi sayuran (tinggal goreng), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan lumpia isi sayuran (tinggal goreng) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan lumpia isi sayuran (tinggal goreng) sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Lumpia Isi Sayuran (tinggal goreng) menggunakan 25 bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Lumpia Isi Sayuran (tinggal goreng):
  1. Siapkan Bahan :
  2. Gunakan 300 gram tepung terigu serba guna
  3. Siapkan 40 gram tepung tapioka
  4. Ambil 500 ml susu cair
  5. Gunakan 1 sendok teh garam
  6. Gunakan 1 sendok teh kaldu bubuk (optional)
  7. Ambil 2 butir putih telur
  8. Gunakan Bahan isian :
  9. Sediakan 500 gram wortel, potong dadu kecil, rebus hingga matang
  10. Ambil 500 grm kentang, potong dadu kecil, rendam air agar tdk berubah๐Ÿ‘‡
  11. Ambil hitam selama kentang diiris. Rebus hingga empuk
  12. Siapkan 4 batang daun bawang, iris halus
  13. Sediakan 2 batang daun seledri, cincang
  14. Siapkan 250 gram daging ayam cincang
  15. Sediakan Bumbu:
  16. Sediakan 5 siung bawang putih, cincang halus
  17. Gunakan 7 siung bawang merah, iris
  18. Ambil 1 sendok teh merica bubuk
  19. Siapkan 1 sendok teh kaldu bubuk (jika suka)
  20. Sediakan 2 1/2 sendok teh bumbu kari bubuk siap pakai
  21. Gunakan 1 sendok makan garam
  22. Ambil 2 sendok makan gula pasir
  23. Sediakan 1/2 sendok teh pala bubuk
  24. Ambil 1/2 sendok teh cengkeh bubuk(optional)
  25. Sediakan 1 sendok makan minyak untuk menumis
Langkah-langkah membuat Lumpia Isi Sayuran (tinggal goreng):
  1. Siapkan mangkuk ukuran sedang, masukkan tepung terigu, tepung tapioka, garam, dan telur, aduk-aduk. - Tambahkan susu cair sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan yang encer dan halus, jika masih ada gumpalan usahakan gumpalan tersebut larut. Anda bisa juga memblender adonan jika banyak terbentuk gumpalan.
  2. Sisihkan kira-kira 2 sendok makan adonan encer untuk mengelem lumpia agar tidak lepas saat digoreng.
  3. Tuangkan satu sendok sayur adonan di pan anti lengket diameter 15 cm, miringkan pan ke kiri dan ke kanan, sehingga adonan mengalir menutupi penggorengan dan berbentuk bulat. Gunakan api yang kecil saja agar anda memiliki waktu untuk membentuknya sebelum adonan mengeras. Dadar sebentar saja hingga adonan mengeras, segera angkat.
  4. Dalam kondisi masih setengah panas, letakkan selembar kulit lumpia diatas permukaan datar, isikan dengan 1 sendok makan isi sayuran.
  5. Tata isi sayuran agak memanjang, lipat sisi kiri dan kanan kulit lumpia, kemudian lipat bagian bawah kulit sehingga menutupi isinya.
  6. Gulung kulit keatas dengan sedikit menekannya dan menariknya ke belakang agar lumpia rapat dan kencang. Lem bagian akhir kulit dengan adonan mentah yang tadi anda sisihkan.
  7. Tutup kulit rapat-rapat. Lakukan hingga semua bahan habis.
  8. Jika ingin digoreng,panaskan wajan, beri minyak yang agak banyak dan goreng lumpia hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Serap kelebihan minyak dengan tisue dapur.
  9. Membuat isian lumpia : - Panaskan penggorengan, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum dan berubah transparan. Masukkan ayam cincang, aduk-aduk hingga ayam berubah warna. Tambahkan wortel,kentang, daun bawang dan seledri. Masukkan sisa bumbu yang lain. Kecilkan api kompor, aduk semua bahan hingga tercampur rata dengan bumbu. Cicipi rasanya. Masak dengan api sedang hingga air tumisan mengering. Angkat.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Lumpia Isi Sayuran (tinggal goreng) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

Share on