This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi Kebuli Ayam yang Menggugah Selera

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Tyler Padilla

Nasi Kebuli Ayam
Nasi Kebuli Ayam

Lagi mencari ide resep nasi kebuli ayam yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi kebuli ayam yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Tapi proses yang panjang membuahkan hasil yang manis, enak banget pokok nya, cocok untuk. Tak hanya itu, nasi kebuli ini juga ditambahkan dengan bahan lain, seperti kaldu, daging, susu, dan minyak samin untuk hadirkan rasa yang kuat dan aroma yang mantap. Nasi kebuli ada banyak sekali variasinya, mulai dari nasi kebuli sapi, nasi kebuli kambing, dan nasi kebuli domba.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi kebuli ayam, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan nasi kebuli ayam yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan nasi kebuli ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Nasi Kebuli Ayam menggunakan 26 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Nasi Kebuli Ayam:
  1. Gunakan 1/2 kg beras basmati atau beras apapun yang pera
  2. Siapkan 1 kg ayam, potong2 bersihkan
  3. Siapkan 5 sdm mentega untuk menumis
  4. Siapkan 3 siung bawang bombay, iris kotak kecil
  5. Gunakan 4 siung bawang putih haluskan
  6. Ambil 4 cm jahe dihaluskan
  7. Gunakan 5 buah tomat matang dihaluskan
  8. Ambil 2 sdm saus tomat
  9. Gunakan secukupnya Garam dan kaldu ayam bubuk
  10. Ambil 8 buah kapulaga hijau
  11. Siapkan Bumbu disangrai kemudian dihaluskan:
  12. Ambil 5 gr kapulaga hijau
  13. Gunakan 5 gr lada hitam
  14. Gunakan 2,5 gr jintan
  15. Siapkan 2,5 gr klabet
  16. Gunakan 35 gr ketumbar
  17. Sediakan 2,5 gr adas
  18. Sediakan 5 gr kayumanis
  19. Ambil 2 bunga lawang
  20. Siapkan 1/4 buah pala
  21. Sediakan 2,5 gr cengkih
  22. Siapkan Pelengkap
  23. Ambil Acar
  24. Gunakan Sambal
  25. Gunakan Kerupuk/emping
  26. Gunakan Bawang goreng

Masukkan nasi ke dalam panci kukusan lagi. Biasanya, Nasi Kebuli menggunakan daging kambing. Namun, tak jarang pula ada yang menggunakan ayam sebagai lauknya. Soal rasa, hidangan ini terkenal dengan aroma dan bumbu rempah-rempah yang kuat.

Langkah-langkah menyiapkan Nasi Kebuli Ayam:
  1. Siapkan bumbu2. Tumis bawang bombay, bawang putih dengan mentega hingga harum. Masukkan kapulaga, bumbu halus, aduk rata. Masukkan ayam, aduk hingga berubah warna. Masukkan tomat, saus tomat, garam dan kaldu ayam. Masak hingga ayam matang. Koreksi rasa. Diamkan ayam 30 menit terendam bumbu lalu angkat. Goreng hingga kulit ayam kering.
  2. Masukkan beras ke bumbu rebusan ayam. Koreksi jumlah cairan bumbu untuk memasak nasi (harus 1 buku), tambahkan air jika kurang. Aron nasi hingga sat.
  3. Kukus nasi hingga matang. Angkat, taburi bawang goreng. Hidangkan bersama ayam goreng, acar, sambal, dan kerupuk.

Penggunaan ketumbar, cengkih, jintan, kapulaga, pala, dan kayumanis sudah tidak asing pada Nasi Kebuli Ayam. Rebus santan dan beras, aduk rata. Kukus beras dalam kukusan hingga setengah matang. Tumis bumbu halus bersama rempah lainnya dengan minyak samin hingga harum dan matang. Nasi Kebuli Ayam, satu resep klasik yang lezat untuk dinikmati setiap hari apalagi untuk berbuka puasa ataupun hari raya lainnya.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat nasi kebuli ayam yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on