This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi Kebuli Kambing, Sempurna

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Amanda Wilson

Nasi Kebuli Kambing
Nasi Kebuli Kambing

Sedang mencari inspirasi resep nasi kebuli kambing yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi kebuli kambing yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Resep nasi kebuli ini lengkap dengan bumbu nasi kebuli yang bahan-bahannya tersedia di supermarket favoritmu. Nasi kebuli ini nggak bisa dipungkiri menjadi sajian yang sedap untuk disantap bersama keluarga dan sanak saudara. Daging kambing yang gurih dengan aroma nasi kebuli sangat sulit untuk ditolak.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi kebuli kambing, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan nasi kebuli kambing enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah nasi kebuli kambing yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Nasi Kebuli Kambing menggunakan 16 jenis bahan dan 10 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Nasi Kebuli Kambing:
  1. Gunakan 500 gram Beras Basmati
  2. Sediakan 250 gram iga kambing
  3. Siapkan 25 gram bumbu nasi kebuli kering
  4. Siapkan 125 ml susu cair
  5. Gunakan 125 ml santan cair
  6. Siapkan 1 sdm Garam
  7. Ambil 1 sdt Kaldu bubuk
  8. Ambil 1 liter air
  9. Sediakan 1 lembar daun salam
  10. Gunakan Bahan Acar
  11. Siapkan 1/2 buah wortel
  12. Ambil 1 buah timun ukuran sedang
  13. Sediakan 6 siung bawang merah
  14. Sediakan 13 buah cabe rawit (sesuai selera)
  15. Ambil 5 sdm cuka
  16. Siapkan 3 sdt gula pasir

Sambil menunggu nasi matang, ambil daging dan tulangan kambing, lalu bakar atau digoreng sesuai selera, atau bisa juga dibiarkan begitu saja. Setelah nasi matang, sajikan nasi kebuli bersama dengan daging dan tulangan kambing beserta bahan pelengkap lainnya. Bagaimana, tidak terlalu sulitkan resep nasi kebuli kambing ini. Resep nasi kebuli praktis ini mudah dibuat untuk sajian Idul Adha.

Cara menyiapkan Nasi Kebuli Kambing:
  1. Cuci beras basmati, tiriskan, lalu sisihkan.
  2. Siapkan wajan yang agak besar, didihkan 1 liter air, setelah mendidih masukkan iga kambing, beri 1 lembar daun salam, tutup dan biarkan hingga mendidih kembali.
  3. Setelah mendidih, masukkan bumbu nasi kebuli kering, susu cair, santan cair, garam dan kaldu bubuk, aduk rata, tutup kembali. Masak hingga daging empuk dan bumbu meresap.
  4. Setelah empuk, ambil iga kambing, sisihkan.
  5. Masukkan beras basmati ke dalam wajan yang berisi kuah kambing tadi, aduk rata, kecilkan api, tutup dan masak selama ±15 menit, atau sampai nasi matang.
  6. Sembari mengunggu nasi matang. Kita goreng iga kambing tadi. Sisihkan.
  7. Setelah ±15 menit atau nasi matang, beri kisimis pada nasi, lalu aduk kembali. Tutup dan masak lagi ±3-5 menit.
  8. Membuat acar : potong timun kecil2, wortel panjang korek api. Cincang cabai dan bawang merah. Taruh dalam mangkuk. Beri cuka dan gula pasir. Aduk rata. Sajikan.
  9. Tata nasi dipiring, beri iga kambing yang sudah digoreng, jangan lupa acar nya sebagai pelengkap. Nasi kebuli siap di nikmati.
  10. Oiya ini kemasan bumbu nasi kebuli nya beli di shopee…

Cukup pakai rice cooker nasi kebuli siap dinikmati dengan daging kambing goreng yang juicy. Nasi kebuli merupakan makanan khas Timur Tengah yang memiliki ciri khas bumbu masakan yang kuat. Sekilas memang terlihat seperti nasi goreng, tapi rasanya sangat jauh berbeda. Rasa nasi kebuli lebih tajam karena kaya rempah dan dikombinasikan dengan daging kambing. Nasi Kebuli Kambing hanya bisa dikirim menggunakan Kurir khusus, bukan JNE.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Nasi Kebuli Kambing yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

Share on