This page looks best with JavaScript enabled

Cara Gampang Membuat Nasi Kebuli Ayam yang Enak

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Gertrude Mills

Nasi Kebuli Ayam
Nasi Kebuli Ayam

Sedang mencari inspirasi resep nasi kebuli ayam yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi kebuli ayam yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi kebuli ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan nasi kebuli ayam enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Tapi proses yang panjang membuahkan hasil yang manis, enak banget pokok nya, cocok untuk. Tak hanya itu, nasi kebuli ini juga ditambahkan dengan bahan lain, seperti kaldu, daging, susu, dan minyak samin untuk hadirkan rasa yang kuat dan aroma yang mantap. Nasi kebuli ada banyak sekali variasinya, mulai dari nasi kebuli sapi, nasi kebuli kambing, dan nasi kebuli domba.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan nasi kebuli ayam sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Nasi Kebuli Ayam memakai 19 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Nasi Kebuli Ayam:
  1. Ambil 1/2 ekor ayam, potong2
  2. Ambil 3 cup beras
  3. Ambil 1 btg sereh, geprek
  4. Siapkan 4 lbr daun jeruk
  5. Siapkan 3 lbr daun salam
  6. Siapkan 1/2 bh bawang bombai potong2
  7. Sediakan 1 btg kayu manis
  8. Gunakan 5 bh cengkeh
  9. Gunakan 5 bh kapulaga
  10. Sediakan 3 bh bunga lawang
  11. Gunakan 2 sdm bubuk kari
  12. Ambil 1/2 sdm kecap manis atau dirasa2 sj
  13. Sediakan Secukupnya margarin utk menumis
  14. Ambil Secukupnya air
  15. Gunakan sesuai selera Gula garam lada
  16. Gunakan Bahan halus :
  17. Gunakan 14 siung bawang merah
  18. Sediakan 8 siung bawang putih
  19. Sediakan 1 sdm kunyit bubuk

Masukkan nasi ke dalam panci kukusan lagi. Biasanya, Nasi Kebuli menggunakan daging kambing. Namun, tak jarang pula ada yang menggunakan ayam sebagai lauknya. Soal rasa, hidangan ini terkenal dengan aroma dan bumbu rempah-rempah yang kuat.

Cara membuat Nasi Kebuli Ayam:
  1. Tumis bumbu halus, bombai, sereh, daun jeruk, daun salam, kayu manis, kapulaga, cengkeh dn bunga lawang sampai harum.
  2. Masukkan potongan ayam, bubuk kari dn kecap manis. Aduk rata. Tambahkan air kurleb 500 ml. Sambil trs diaduk masukkan gula garam. Tes rasa. Hrs agak asin yaa soal nya nnti bakal dipake buat masak nasi jg. Tunggu ayam matang dn agak empuk.
  3. Masukkan beras ke bahan di atas td. Kalau air dr ayam td kurang bisa ditambah sesuai jenis beras yg dimasak.
  4. Aduk beras sampai air susut sambil cek rasa. Harus agak asin yaa krna nnti stlh matang kadar asin nya akan berkurang.
  5. Kukus nasi dn ayam dgn api sedang sampai matang kira2 20 menit.
  6. Siap disajikan selagi hangat. Bisa ditemani pake acar, kerupuk sm sambal kecap. Masya Allaaah nikmat sekali ini😅❤

Penggunaan ketumbar, cengkih, jintan, kapulaga, pala, dan kayumanis sudah tidak asing pada Nasi Kebuli Ayam. Rebus santan dan beras, aduk rata. Kukus beras dalam kukusan hingga setengah matang. Tumis bumbu halus bersama rempah lainnya dengan minyak samin hingga harum dan matang. Nasi Kebuli Ayam, satu resep klasik yang lezat untuk dinikmati setiap hari apalagi untuk berbuka puasa ataupun hari raya lainnya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Nasi Kebuli Ayam yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

Share on