This page looks best with JavaScript enabled

Bagaimana Membuat Nasi kebuli Anti Gagal

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Jerry Henry

Nasi kebuli
Nasi kebuli

Anda sedang mencari inspirasi resep nasi kebuli yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi kebuli yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi kebuli, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan nasi kebuli yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

A nasi kebuli is a fragrant white rice cooked with a herb mix of warm flavours like cinnamon, nutmeg and cloves. The wiki page about nasi kebuli states that the rice is cooked in a goat broth. Beb refers for this nasi kebuli to the recipe for 'Rice Cooking'.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah nasi kebuli yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Nasi kebuli menggunakan 13 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Nasi kebuli:
  1. Sediakan 200 gr beras basmati instant
  2. Gunakan 500 gr iga sapi
  3. Gunakan Bumbu iga
  4. Ambil 1 sachet saus tiram
  5. Sediakan 2 sdm kecap manis
  6. Gunakan 3 bh bawang putih cincang
  7. Sediakan 1 bh bawang bombay cincang
  8. Ambil 3 sdm margarin
  9. Siapkan 1 sdt lada bubuk
  10. Sediakan 1 sdm garam
  11. Siapkan Bahan pelengkap
  12. Ambil Acar timun
  13. Sediakan Emping melinjo goreng

Namun ternyata, nasi kebuli ini tidak ada di negara-negara Timur Tengah. Nasi kebuli ternyata hanya ada di Indonesia. Namun ada hidangan bernama 'nasi kabli' di Timur Tengah. Maka mungkin saja masyarakat Indonesia 'terpeleset lidah' ketika menyebut nasi kabli.

Langkah-langkah membuat Nasi kebuli:
  1. Cuci bersih beras basmati kmrn rendam kurang lbh 30 mnt
  2. Panaskan margarin.tumis bawang putih dg bawang bombay cincang tumis sampe harum.kmdn masukkan iga sapi yg sdh di cuci bersih.ungkep sebentar baru tambahkan air.rebus iga sapi dg metode 5.30.7.rebus selama 5 menit.dg kondisi panci masih tertutup.diamkan 30 mnt.setelah itu nyalakan api lg dan rebus kurang lbh 7 mnt.matikan api.
  3. Angkat iga sapi.tambahkan cincangan bumbu dg saus tiram dan kecap manis.diamkan bumbu meresap.air bekas rebusan iga sapi gunakan unt mearon beras basmati.aron sampe mendidih matikan api.biarkan kaldu meresap pd berasnya.setelah itu kukus lg sampe matang..
  4. Bakar iga sampe harum kecoklatan..sajikan beserta acar timun dan emping melinjo sbg pelengkapnya

Cara membuat nasi kebuli kambing: Panaskan mentega hingga meleleh, lalu masukkan bumbu aduk hingga harum dan matang. Masukkan kayu manis, cengkeh, kapulaga, aduk hingga tercium aroma wangi. Tambahkan daging kambing, aduk sampai kaku. Nasi kebuli dari Nasi Kebuli Jakarta ini dibuat dengan menggunakan nasi basmati yang dimasak dengan berbagai bumbu rempah yang khas sehingga menghasilkan rasa yang autentik. Nasi kebuli ini juga dilengkapi dengan potongan daging kambing yang besar namun tetap empuk dan juicy , acar, sambal dan sayuran segar.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat nasi kebuli yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Share on