This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi Kebuli Ayam, Sempurna

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Sarah Nelson

Nasi Kebuli Ayam
Nasi Kebuli Ayam

Anda sedang mencari inspirasi resep nasi kebuli ayam yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi kebuli ayam yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi kebuli ayam, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan nasi kebuli ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Tuang nasi putih dan aduk merata. Masukkan nasi yang masih setengah matang ke dalam bumbu dan ayam. Aduk merata, lalu tuang kaldu ayam dan biarkan meresap ke dalam beras.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah nasi kebuli ayam yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Nasi Kebuli Ayam memakai 16 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Nasi Kebuli Ayam:
  1. Gunakan 4 cup Beras
  2. Gunakan 5 butir Cengkeh
  3. Ambil 3 butir Kapulaga
  4. Siapkan 2 butir Pekak (Bunga Lawang)
  5. Sediakan 5 cm Kayu Manis
  6. Gunakan 1 bks Bumbu Kari (me Indofood)
  7. Sediakan Lada halus
  8. Siapkan Garam
  9. Ambil 4 potong Ayam
  10. Siapkan Air
  11. Siapkan Margarin untuk menumis
  12. Ambil Bumbu Halus :
  13. Ambil 7 siung Bawang Merah
  14. Gunakan 5 siung Bawang Putih
  15. Siapkan 2 ruas Kunyit
  16. Gunakan 1 sdm Ketumbar

Kali ini resepkuerenyah akan sajikan resep nasi kebuli ayam yang enak dan. Kukus beras dalam kukusan hingga setengah matang. Tumis bumbu halus bersama rempah lainnya dengan minyak samin hingga harum dan matang. Biasanya, Nasi Kebuli menggunakan daging kambing.

Cara menyiapkan Nasi Kebuli Ayam:
  1. Tumis bumbu halus, masukkan cengkeh, kapulaga, Pekak, dan kayu manis dengan sedikit minyak dan margarin tunggu sampai harum
  2. Di dalam panci lain, rebus ayam selama 10 menit untuk menghilangkan kotorannya, dan tiriskan
  3. Setelah bumbu halus tadi harum masukkan ayam dan air, selanjutnya bumbu kari, garam, lada halus tunggu sampai ayam matang & air mendidih (aku sekitar 25 menit)
  4. Selanjutnya, cuci beras dan masukkan air kaldu kari tadi (jika belum sesuai dengan air biasa memasak tambahkan air biasa dan garam lagi) tunggu sampai nasi matang
  5. Saat nasi sudah matang, aduk2 lalu biarkan nasi tanak. Setelah Tanak sajikan dengan ayam tadi dan sambal nya

Namun, tak jarang pula ada yang menggunakan ayam sebagai lauknya. Soal rasa, hidangan ini terkenal dengan aroma dan bumbu rempah-rempah yang kuat. Penggunaan ketumbar, cengkih, jintan, kapulaga, pala, dan kayumanis sudah tidak asing pada Nasi Kebuli Ayam. Nasi kebuli (kabuli rice; Arabic: الرز الكابلى ‎; Arabic pronunciation: ) is an Indonesian variation of pilaf. It consists of rice cooked in goat meat broth, goat milk, and clarified butter (most often ghee).

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat nasi kebuli ayam yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on