This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi kebuli ayam with kari and sambel matah yang Bisa Manjain Lidah

 ·  ☕ 4 menit waktu baca  ·  ✍️ Essie Garcia

Nasi kebuli ayam with kari and sambel matah
Nasi kebuli ayam with kari and sambel matah

Lagi mencari ide resep nasi kebuli ayam with kari and sambel matah yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi kebuli ayam with kari and sambel matah yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi kebuli ayam with kari and sambel matah, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan nasi kebuli ayam with kari and sambel matah enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Lihat juga resep Nasi Kebuli Kari Kambing enak lainnya. Nasi kebuli is usually served with asinan nanas (pineapple in spicy and sour sauce) or sometimes also topped with sambal goreng hati (cow liver in spicy sambal sauce) and sprinkled with raisins and sometimes nuts. In Indonesian Hadhrami community, sometimes it is served along with maraq soup (spice lamb/goat soup).

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan nasi kebuli ayam with kari and sambel matah sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Nasi kebuli ayam with kari and sambel matah memakai 20 bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Nasi kebuli ayam with kari and sambel matah:
  1. Siapkan 500 gr beras
  2. Sediakan 500 gr ayam bagian sayap (untuk bagian sesuai selera)
  3. Gunakan 2 helai serai geprek
  4. Sediakan 4 lembar daun salam
  5. Ambil 5 lembar daun jeruk
  6. Siapkan 4 buah bunga lawang
  7. Siapkan 10 biji kapulaga
  8. Gunakan 1 siung kecil bawang bombay iris
  9. Siapkan 🎄 bumbu halus
  10. Siapkan 6 siung bawang merah
  11. Sediakan 4 siung bawang putih
  12. Sediakan 3 sisir kapulaga
  13. Gunakan 4 biji cabe merah besar
  14. Ambil 1/2 sdm merica bunder
  15. Sediakan 1 bungkus bumbu kari (me bamb*)
  16. Ambil 500 ml santan
  17. Gunakan 🎄bahan sambel
  18. Sediakan 10 cabe rawit
  19. Gunakan 8 siung bawang merah
  20. Ambil 4 buah tomat

Ajengan puniki malakar aji bawang, tabia barak, seréh, lémo, léngis tandusan, miwah uyah, selanturnyané lakar basa punika kacampur dados asiki. Ketahnyanné sambel matah punika kaanggén dados daran nasi miwah kasarengin bé siap masisit utawi bé pasih metunu. Sambal matah adalah sambal tradisional Bali yang dapat ditemukan di seluruh daerah di Provinsi Bali. matah memiliki arti mentah. Sambal matah merupakan sambal yang berbahan mentah tanpa digerus (diulek).

Langkah-langkah menyiapkan Nasi kebuli ayam with kari and sambel matah:
  1. Cuci bersih beras lalu kukus kurleb 30menit untk mmbuat jd aron.
  2. Tumis bawang bombay dan bumbu halus, serai, daun salam, daun jeruk smpai harum lalu masukkan bumbu kari.
  3. Masukkan ayam yg sudah d bersihkan, beri air, masak hingga mendidih dan masukkan santan, bumbui, garam, gulA. Test rasa.
  4. Setelah rasa sudah oke. Biarkan smpai ayam empuk/matang. Air boleh banyak krna nnti untk memasak aron nasi.
  5. Stelah 30 menit angkat beras yg sudah jd aron. Beri kuah ayam kari tadi smpai beras terendam, lalu tutup smpai air bumbu meresap. Stelah meresap, beras bz d kukus kembali. 30 menit.
  6. Dan untk kari ayam, ayam boleh d goreng atau d biarkan d kuah kari.
  7. Stelah 30 menit nasi sudah matang dan bz untk d nikmati.
  8. Untuk mmbuat sambel. Iris smw bahan sambel camour jd satu, beri perasan air jeruk nipis, dan siram dg minyak panas.

Bahan-bahan sambal matah yaitu: bawang merah, bawang putih, cabai merah, terasi, garam, sereh, jeruk lemo dan minyak kelapa. Nama sambal ini telah diubah demi diperkenalkan ke luar masyarakat. Nasi yang dimaksud ialah nasi kebuli, briyani, kabsah, mandhi dan bukhari. Perbedaan nasi kebuli, briyani, kabsah, mandi, dan bukhori ternyata cukup banyak. Mulai dari rasa, cara pengolahan, dan warna.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat nasi kebuli ayam with kari and sambel matah yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on