This page looks best with JavaScript enabled

Cara Gampang Membuat Nasi Kebuli Ayam, Enak Banget

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Chase Obrien

Nasi Kebuli Ayam
Nasi Kebuli Ayam

Anda sedang mencari ide resep nasi kebuli ayam yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi kebuli ayam yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Nasi kebuli ati ampela ayam beras putih, cuci • hati ayam, cuci, rebus lalu potong • air Jeruk nipis • air • serai • cengkeh • kapulaga • bunga lawang Yulia Prattiwi Resep Nasi Kebuli Ayam. Tapi proses yang panjang membuahkan hasil yang manis, enak banget pokok nya, cocok untuk. Tak hanya itu, nasi kebuli ini juga ditambahkan dengan bahan lain, seperti kaldu, daging, susu, dan minyak samin untuk hadirkan rasa yang kuat dan aroma yang mantap.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi kebuli ayam, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan nasi kebuli ayam yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah nasi kebuli ayam yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Nasi Kebuli Ayam menggunakan 17 jenis bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Nasi Kebuli Ayam:
  1. Siapkan 2 cup beras
  2. Sediakan 1/2 ekor ayam kampung
  3. Sediakan 1/2 buah bawang bombay
  4. Siapkan 3 butir kapulaga
  5. Siapkan 1 batang kayu manis
  6. Siapkan 3 butir cengkeh
  7. Siapkan Santan/ susu/ fibercream
  8. Gunakan 1 sdm saus tomat
  9. Siapkan 1 sdm bubuk kari
  10. Siapkan Secukupnya, garam, gula, air
  11. Ambil Bumbu halus:
  12. Gunakan 8 siung bawang merah
  13. Sediakan 4 siung bawang putih
  14. Sediakan sepucuk sendok teh Adas,
  15. Sediakan 1/2 sdt merica
  16. Ambil 1/2 sdt ketumbar
  17. Siapkan 1/2 sdt jinten

Sekarang kamu bisa bikin nasi kebuli ayam di rumah hanya dengan magicom saja. Nasi kebuli ayam ini sangat cocok disajikan untuk anggota keluarga anda yang kurang menyukai daging kambing atau daging sapi. Meskipun menggunakan daging ayam akan tetapi tetap masih dapat merasakan aroma rempah yang terkandung di dalam nasi kebuli. Nasi kebuli dapat menjadi sajian istimewa di tengah keluarga anda.

Langkah-langkah menyiapkan Nasi Kebuli Ayam:
  1. Cuci beras, sisihkan. Siapkan semua bumbu.
  2. Haluskan bumbu halus, tumis bersama bawang bombay, kayu manis, kapulaga dan cengkeh sampai hilang bau langunya. Masukkan bubuk kari.
  3. Masukkan ayam tumis sebentar, kemudian tambahkan air dengan santan/ fibercream. Tambahkan juga saos tomat garam dan gula. Ungkep ayam, sisakan air ungkepan untuk memasak nasi. Masukkan beras kedalam rice cooker, beri air ungkepan tadi, masak seperti biasa. Untuk ayamnya bisa digoreng..

Biasanya, Nasi Kebuli menggunakan daging kambing. Namun, tak jarang pula ada yang menggunakan ayam sebagai lauknya. Soal rasa, hidangan ini terkenal dengan aroma dan bumbu rempah-rempah yang kuat. Penggunaan ketumbar, cengkih, jintan, kapulaga, pala, dan kayumanis sudah tidak asing pada Nasi Kebuli Ayam. Lengkapi dengan acar dan Nasi Kebuli Ayam lezat ini siap untuk dinikmati.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan nasi kebuli ayam yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on