This page looks best with JavaScript enabled

Cara Gampang Membuat Nasi Kebuli yang Sempurna

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Jose Christensen

Nasi Kebuli
Nasi Kebuli

Anda sedang mencari inspirasi resep nasi kebuli yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi kebuli yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

A nasi kebuli is a fragrant white rice cooked with a herb mix of warm flavours like cinnamon, nutmeg and cloves. The wiki page about nasi kebuli states that the rice is cooked in a goat broth. Beb refers for this nasi kebuli to the recipe for 'Rice Cooking'.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi kebuli, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan nasi kebuli yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat nasi kebuli sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Nasi Kebuli menggunakan 21 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Nasi Kebuli:
  1. Gunakan 1 kg Iga sapi (bisa diganti daging kambing, daging sapi dll)
  2. Sediakan 500 gr Beras basmati
  3. Sediakan 300 ml susu cair
  4. Siapkan 300 ml air
  5. Ambil 1 sdm garam
  6. Sediakan 3-4 sdm minyak samin (aku skip)
  7. Ambil 1 bh bawang bimbay cincang kasar
  8. Sediakan bumbu cemplung
  9. Sediakan 5 butir kapulaga
  10. Ambil 5 bh cengkeh
  11. Gunakan sebatang kayu manis
  12. Ambil 1 bh pala
  13. Ambil 5 bh bunga lawang
  14. Ambil bumbu halus
  15. Sediakan 10 siung bawang merah
  16. Gunakan 10 siung bawang putih
  17. Sediakan 5 cm jahe
  18. Ambil 1/2 sdt kunyit bubuk
  19. Sediakan 1/2 sdt ketumbar bubuk
  20. Gunakan 1/2 sdt jintan
  21. Siapkan 1/2 sdt lada bubuk

Biasanya nasi kebuli dibuat dengan menggunakan lemak kambing dan minyak samin. Bahan-bahan inilah yang memberikan cita rasa khas pada hidangan tersebut. KOMPAS.com - Nasi Kebuli merupakan salah satu hidangan nasi gurih yang sering dikenal sebagai hidangan khas Timur Tengah. Namun ternyata, nasi kebuli ini tidak ada di negara-negara Timur Tengah.

Cara menyiapkan Nasi Kebuli:
  1. Tumis bawang bombay sampai layu, lalu masukkan bumbu cemplung
  2. Lalu masukan bumbu halus tumis sampai bumbu matang
  3. Lalu masukkan susu cair
  4. Masukkan iga sapi dan tambahkan air, lalu presto selama 45 menit, setelah matang pisahkan iga dan airnya, koreksi rasa dan sisihkan
  5. Cuci beras lalu kukus selama 15 menit, setelah itu campur air rebusan tadi dengan beras yg telah dikukus
  6. Kemudian kukus kembali selama 30 menit sampai matang
  7. Siap disajikan

Nasi kebuli ternyata hanya ada di Indonesia. Namun ada hidangan bernama 'nasi kabli' di Timur Tengah. Maka mungkin saja masyarakat Indonesia 'terpeleset lidah' ketika menyebut nasi kabli. Kami menggunakan beras import india Nasi kebuli (kabuli) merupakan hidangan dengan penuh rempah. Perjalanan nasi ini datang ke Indonesia karena nasi kebuli dibuat oleh warga keturunan Arab Saudi yang telah menetap di Indonesia.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat nasi kebuli yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on