This page looks best with JavaScript enabled

Langkah Mudah untuk Membuat Nasi Kebuli Ayam, Bikin Ngiler

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Sue Reyes

Nasi Kebuli Ayam
Nasi Kebuli Ayam

Anda sedang mencari inspirasi resep nasi kebuli ayam yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi kebuli ayam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi kebuli ayam, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan nasi kebuli ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Tapi proses yang panjang membuahkan hasil yang manis, enak banget pokok nya, cocok untuk. Tak hanya itu, nasi kebuli ini juga ditambahkan dengan bahan lain, seperti kaldu, daging, susu, dan minyak samin untuk hadirkan rasa yang kuat dan aroma yang mantap. Nasi kebuli ada banyak sekali variasinya, mulai dari nasi kebuli sapi, nasi kebuli kambing, dan nasi kebuli domba.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan nasi kebuli ayam sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Nasi Kebuli Ayam memakai 23 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Nasi Kebuli Ayam:
  1. Gunakan 1/2 kg daging ayam
  2. Ambil 750 liter air
  3. Siapkan 500 gr beras
  4. Sediakan Bumbu halus :
  5. Sediakan 2 cm jahe
  6. Siapkan 2 ruas jari kunyit
  7. Gunakan 1 sdt jinten
  8. Siapkan 1 sdt ketumbar
  9. Sediakan 6 buah bawang merah
  10. Ambil 3 siung bawang merah
  11. Sediakan 1/2 butir pala
  12. Sediakan 1 sdt merica bubuk
  13. Sediakan Bumbu tambahan:
  14. Gunakan 4 biji kapulaga
  15. Siapkan 3 biji bunga pekak/bunga lawang
  16. Gunakan 2 batang kayu manis
  17. Sediakan 3 lembar daun salam
  18. Sediakan 3 lembar daun jeruk
  19. Siapkan 2 batang sereh
  20. Siapkan 1 santan kental kara kecil
  21. Sediakan 7 batang cengkeh
  22. Siapkan secukupnya Garam,gula pasir
  23. Ambil Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Masukkan nasi ke dalam panci kukusan lagi. Biasanya, Nasi Kebuli menggunakan daging kambing. Namun, tak jarang pula ada yang menggunakan ayam sebagai lauknya. Soal rasa, hidangan ini terkenal dengan aroma dan bumbu rempah-rempah yang kuat.

Cara membuat Nasi Kebuli Ayam:
  1. Tumis bumbu halus kemudian masukkan daun salam,sereh,daun jeruk,kapulaga,kayumanis,bungan pekak,cengkeh sampai harum
  2. Setelah wangi masukkan daging ayam aduk rata,masukkan air,santan,garam dan gula pasir aduk sampai mendidih aduk-aduk jangan sampai santan pecah. Rebus hingga daging empuk
  3. Cuci beras kemudian masukkan kaldu bumbu daging ayam sampai nasi menjadi aron
  4. Kukus nasi dengan daging ayam diatas nasi,kukus ± 1,5 jam
  5. Setelah matang angkat sajikan

Penggunaan ketumbar, cengkih, jintan, kapulaga, pala, dan kayumanis sudah tidak asing pada Nasi Kebuli Ayam. Rebus santan dan beras, aduk rata. Kukus beras dalam kukusan hingga setengah matang. Tumis bumbu halus bersama rempah lainnya dengan minyak samin hingga harum dan matang. Nasi Kebuli Ayam, satu resep klasik yang lezat untuk dinikmati setiap hari apalagi untuk berbuka puasa ataupun hari raya lainnya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Nasi Kebuli Ayam yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

Share on