This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi Kebuli Ayam, Lezat Sekali

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ May Hunt

Nasi Kebuli Ayam
Nasi Kebuli Ayam

Sedang mencari inspirasi resep nasi kebuli ayam yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi kebuli ayam yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Tapi proses yang panjang membuahkan hasil yang manis, enak banget pokok nya, cocok untuk. Tak hanya itu, nasi kebuli ini juga ditambahkan dengan bahan lain, seperti kaldu, daging, susu, dan minyak samin untuk hadirkan rasa yang kuat dan aroma yang mantap. Nasi kebuli ada banyak sekali variasinya, mulai dari nasi kebuli sapi, nasi kebuli kambing, dan nasi kebuli domba.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi kebuli ayam, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan nasi kebuli ayam yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat nasi kebuli ayam sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Nasi Kebuli Ayam menggunakan 18 jenis bahan dan 10 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Nasi Kebuli Ayam:
  1. Gunakan 1/2 kg ayam
  2. Siapkan 12 buah bawang merah
  3. Sediakan 7 buah bawang putih
  4. Sediakan 1 buah bawang bombay
  5. Siapkan 3 buah cengkeh
  6. Sediakan 5 buah kapulaga
  7. Siapkan 3 buah bunga lawang
  8. Gunakan 1 buah kayu manis
  9. Gunakan 1 sdm kari bubuk
  10. Siapkan 8 sdm susu cair (bisa diganti santan)
  11. Ambil 3 sdm saus tomat
  12. Siapkan Bahan-bahan yang di haluskan
  13. Ambil 12 buah cabe keriting merah
  14. Siapkan 1 sdt ketumbar
  15. Siapkan 1 sdt merica
  16. Siapkan 1/2 sdt pala
  17. Ambil 1/2 sdt adas
  18. Ambil secukupnya Garam, royco ayam, air dan beras

Masukkan nasi ke dalam panci kukusan lagi. Biasanya, Nasi Kebuli menggunakan daging kambing. Namun, tak jarang pula ada yang menggunakan ayam sebagai lauknya. Soal rasa, hidangan ini terkenal dengan aroma dan bumbu rempah-rempah yang kuat.

Langkah-langkah menyiapkan Nasi Kebuli Ayam:
  1. Cuci semua bahan2 termasuk ayam, cincang bawang merah, bawang putih dan bawang bombay
  2. Siapkan bahan2 di wadah kecil terpisah untuk kayu manis, bunga lawang, kapulaga cengkeh dan kari bubuk
  3. Haluskan cabe keriting, ketumbar, merica, pala dan adas
  4. Panaskan teflon dengan minyak, setelah panas tumis dulu bawang bombay, bawang putih, bawang merah dan bumbu halus hingga layu dan wangi
  5. Setelah wangi, masukkan kayu manis, cengkeh, kapulaga, bunga lawang dan kari bubuk masak hingga berubah warna kecoklatan
  6. Masukkan susu cair, saus tomat, air agak banyak soalnya akan dipakai untuk memasak berasnya, masukkan ayam, garam, dan royco, koreksi rasa
  7. Masak hingga ayam matang, empuk dan bumbu meresap, matikan kompor
  8. Siapkan beras yang sudah dibersihkan, banyak atau sedikitnya beras sesuai selera
  9. Campurkan beras dengan air rebusan ayam tadi dan masukkan ayam susun di atas, masukkan beras kedalam rice cooker. Jika sudah 10 menit beras di aduk agar merata bumbunya, lalu biarkan nasi matang
  10. Kurang lebih 40 menit, nasi kebuli sudah matang dan siap di santap 😍😍 selamat mencoba 🤤

Penggunaan ketumbar, cengkih, jintan, kapulaga, pala, dan kayumanis sudah tidak asing pada Nasi Kebuli Ayam. Rebus santan dan beras, aduk rata. Kukus beras dalam kukusan hingga setengah matang. Tumis bumbu halus bersama rempah lainnya dengan minyak samin hingga harum dan matang. Nasi Kebuli Ayam, satu resep klasik yang lezat untuk dinikmati setiap hari apalagi untuk berbuka puasa ataupun hari raya lainnya.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan nasi kebuli ayam yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Share on