This page looks best with JavaScript enabled

Bagaimana Membuat Corned Beef Chiffon, Lezat Sekali

 ·  β˜• 5 menit waktu baca  ·  ✍️ Steven Schultz

Corned Beef Chiffon
Corned Beef Chiffon

Sedang mencari ide resep corned beef chiffon yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal corned beef chiffon yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari corned beef chiffon, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan corned beef chiffon enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Place the brisket on rack in a roasting pan or Dutch oven. Rub the brown sugar on the corned beef to coat entire beef, including the bottom. Pour the bottle of stout beer around, and gently over the beef to wet the sugar.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah corned beef chiffon yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Corned Beef Chiffon memakai 15 bahan dan 17 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Corned Beef Chiffon:
  1. Ambil Bahan A :
  2. Gunakan 130 gr Tepung Kunci (Saya Tep Sagu 100 gr + Tep Beras 30 gr)
  3. Siapkan 75 ml Susu Cair
  4. Gunakan 60 ml Minyak Goreng
  5. Siapkan 6 btr Kuning Telur
  6. Sediakan 1/4 sdt Garam
  7. Sediakan Bahan B :
  8. Ambil 6 btr Putih Telur
  9. Gunakan 1/3 sdt Garam
  10. Sediakan 130 gr Gula Pasir halus
  11. Ambil 1/2 sdt Cream of Tartar / Air Jeruk Nipis (1 sdt)
  12. Gunakan Bahan C :
  13. Ambil Secukupnya Corned Beef
  14. Siapkan Secukupnya Parmesan (Cheddar parut)
  15. Sediakan Secukupnya Daun Bawang kecil, iris halus

Place the corned beef a stock pot. Add the spice packet, a bottle of dark beer and enough water to cover the corned beef completely. This cooking time will vary depending on the size and shape of the corned beef. Mouth watering tender corned beef with corned beef flavored potatoes, cabbage, and carrots.

Langkah-langkah menyiapkan Corned Beef Chiffon:
  1. Nyalakan oven 180'C. Persiapkan semua bahan, Tepung harus diayak sebelum digunakan. Pemisahan Putih Telur dari Kuningnya perlu dicermati.
  2. Campur semua bahan A, dimulai dari Kuning Telur, kocok (boleh manual), beri Garam, kocok terus, tambahkan Minyak, Susu, terakhir Tepung, lalu Parmesan, aduk rata.
  3. Pastikan semua bahan bersih dari minyak untuk Bahan B. Kocok Putih Telur hingga berbusa, masukkan 1/3 bag Gula, air Jeruk Nipis, kocok terus hingga volume bertambah, masukkan garam. Tambahkan 1/3 bag berikutnya Gula, teruskan mengocok, lalu masukkan 1/3 bag Gula terakhir hingga hampir mencapai Puncak paling kokoh, hentikan mixer. Sekarang Putih Telur menyerupai Awan2 mengkilap, baskom dibalik tidak tumpah. Bahan B siap digunakan.
  4. Sebagai contoh pengocokan di samping, gambar dari internet. Saya kocok Putih Telur hingga Soft Peaks ya.
  5. Campur Bahan A dengan B. Masukkan 1/3 bahan Bahan B ke dalam Bahan A, aduk balik hingga rata. Tambahkan 1/3 berikutnya, kembali aduk balik, ratakan. Lalu 1/3 bagian terakhir, aduk balik hingga rata.
  6. Pemasangan loyang Chiffon bongkar pasang perlu diperhatikan—-Tuang setengah bahan ke dalam loyang Chiffon (tanpa dioles apapun), lalu ketuk2 beberapa kali, taburi sedikit-sedikit Corned Beef, Daun Bawang. Ketuk-ketuk lagi, tambahkan 1/2 adonan berikutnya perlahan-lahan supaya tidak membentuk gelembung udara. Terakhir putar-putar loyang kanan-kiri2 beberapa kali, lalu ketuk-ketuk loyang lagi, panggang pada suhu 170'C selama 30 mnt, 30 menit berikutnya 160'C. Tes tusuk
  7. Khusus untuk Chiffon memang harus diberlakukan hukuman gantung terbalik yaa… bandel soalnya cake satu ini! 😁 tricky dia. Kira-kira sejam setengah baru turunkan, sudah ampun dia. Lepaskan Cake dari loyang : gerakkan pisau mengelilingi lingkar luar loyang, kemudian lingkar bagian dalamnya, yang terakhir dasarnya.
  8. Tips paling penting dari Chiffon adalah: 1. Loyang. Pakai loyang khusus Chiffon, jangan tergoda memakai loyang dari bahan teflon, hasilnya tidak mengembang dengan bagus, malah mengerut, karena lapisan anti lengketnya menggangu adonan untuk bisa "berpegang", saat loyang dibalik peregangannya akan menyempurnakan tekstur. Itu sebabnya loyang Chiffon tidak perlu dioles minyak.
    1. persiapan Bahan B: semua peralatan pastikan bebas minyak.
    1. Pemisahan Putih Telur dengan Kuningnya: ini termasuk pekerjaan sakral, Putih Telur harus suci dari noda Kuning Telur setitikpun. Untuk Kuning Telur boleh-boleh saja tercampur sedikit2 Putih Telur.
    1. Mengocok Putih Telur merupakan faktor penting yang memengaruhi tekstur Chiffon yang anda kerjakan. Yang ideal adalah ketika hampir mencapai puncak "Jambul Petruk" atau Stiff Peak sebaiknya hentikan mixer. Terlihat gambar di samping, awan glossy mengkilap, kekentalannya berjejak sedemikian rupa. Baskom dibalik tidak tumpah.
    1. Mencampur Adonan A dengan B harus berhati-hati dan menggunakan cara aduk balik, gerakkan Spatula berputar menyentuh dasar baskom lalu naik ke permukaan, kembali masuk ke dasar begitu berulang-ulang sambil memutar baskom dengan gerakan searah hingga adonan bercampur rata.
    1. Sebelum masuk ke dalam oven pastikan loyang Chiffon berisi adonan telah diketuk-ketuk dan digoyang ke kanan kiri berulang-ulang beberapa kali. Ini perlu untuk meratakan pori-pori Chiffon, mengeluarkan udara yang terperangkap dalam adonan.
    1. Panggang dalam suhu yang pas, tidak terlalu panas, tidak terlalu rendah suhunya, antara 170'-160''C. Waktu yang dibutuhkan kira-kira 1 jam.
    1. Jangan lupa hukum gantung terbalik ya…sampai benar-benar dingin, baru lepaskan dari loyang.
  9. Akhir kata : salam kreatif 🌺🌺🌺 semoga berhasil

This is my great grandmothers recipe from Ireland. This was served with both Irish soda bread and corn bread at our house. Place the brined corned beef in a large pot or Dutch oven along with the liquid and spices that accompanied it in the package. Pour in enough water to cover the beef, then bring the water to a boil on the stovetop. Reduce the heat to a simmer, and cover the pot.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat corned beef chiffon yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Share on