This page looks best with JavaScript enabled

Bagaimana Membuat Nasi kebuli ayam yang Bikin Ngiler

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Luke Wood

Nasi kebuli ayam
Nasi kebuli ayam

Lagi mencari ide resep nasi kebuli ayam yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi kebuli ayam yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi kebuli ayam, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan nasi kebuli ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Tapi proses yang panjang membuahkan hasil yang manis, enak banget pokok nya, cocok untuk. Tak hanya itu, nasi kebuli ini juga ditambahkan dengan bahan lain, seperti kaldu, daging, susu, dan minyak samin untuk hadirkan rasa yang kuat dan aroma yang mantap. Nasi kebuli ada banyak sekali variasinya, mulai dari nasi kebuli sapi, nasi kebuli kambing, dan nasi kebuli domba.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat nasi kebuli ayam yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Nasi kebuli ayam menggunakan 21 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Nasi kebuli ayam:
  1. Ambil Bahan :
  2. Sediakan 1 ekor ayam, potong menjadi 12-14 bagian
  3. Siapkan 500 gr beras
  4. Ambil 500 ml air
  5. Gunakan 50-75 gr kismis, cuci bersih
  6. Gunakan bawang goreng untuk taburan
  7. Ambil 3 batang kayumanis
  8. Ambil 3 batang serai, memarkan
  9. Ambil 8 butir cengkih
  10. Gunakan 4 butir kapulaga
  11. Ambil 3 butir bunga pekak/bunga lawang/star anise
  12. Gunakan 2 sdt garam
  13. Ambil 1 sdt kaldu bubuk (saya nggak pake)
  14. Sediakan Bumbu halus :
  15. Sediakan 10 butir bawang merah
  16. Ambil 5 siung bawang putih
  17. Ambil 1/2 butir biji pala
  18. Ambil 3 cm jahe
  19. Siapkan 1 sdm ketumbar sangrai
  20. Ambil 1 sdt merica butiran sangrai
  21. Siapkan 1/2 sdt jinten sangrai

Masukkan nasi ke dalam panci kukusan lagi. Biasanya, Nasi Kebuli menggunakan daging kambing. Namun, tak jarang pula ada yang menggunakan ayam sebagai lauknya. Soal rasa, hidangan ini terkenal dengan aroma dan bumbu rempah-rempah yang kuat.

Langkah-langkah membuat Nasi kebuli ayam:
  1. Cuci bersih ayam sisihkan
  2. Masukkan ayam, aduk-aduk sampai rata. Tuangi 400 ml air dan tutup wajan. Masak sampai ayam menjadi empuk. Cek rasanya, jika kurang garam bisa ditambahkan.
  3. Angkat ayam dari air kaldu. Sisihkan
  4. Campur beras dan air kaldu di dalam baskom rice cooker. Tambahkan garam dan air secukupnya jika perlu. Tekan tombol "cook" dan biarkan sampai nasi matang. Jika tombol cook sudah padam, masukkan kismis dan aduk sampai rata. Tutup kembali rice cooker dan biarkan sampai kismis menjadi mekar dan lunak.
  5. Panaskan minyak goreng dalam wajan, goreng ayam sampai matang dan agak kering. Angkat dan tiriskan. Sajikan nasi kebuli bersama ayam goreng.

Penggunaan ketumbar, cengkih, jintan, kapulaga, pala, dan kayumanis sudah tidak asing pada Nasi Kebuli Ayam. Rebus santan dan beras, aduk rata. Kukus beras dalam kukusan hingga setengah matang. Tumis bumbu halus bersama rempah lainnya dengan minyak samin hingga harum dan matang. Nasi Kebuli Ayam, satu resep klasik yang lezat untuk dinikmati setiap hari apalagi untuk berbuka puasa ataupun hari raya lainnya.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat nasi kebuli ayam yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on