This page looks best with JavaScript enabled

Bagaimana Menyiapkan Nasi Kebuli Ayam yang Lezat Sekali

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Christina Willis

Nasi Kebuli Ayam
Nasi Kebuli Ayam

Sedang mencari inspirasi resep nasi kebuli ayam yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi kebuli ayam yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Tapi proses yang panjang membuahkan hasil yang manis, enak banget pokok nya, cocok untuk. Tak hanya itu, nasi kebuli ini juga ditambahkan dengan bahan lain, seperti kaldu, daging, susu, dan minyak samin untuk hadirkan rasa yang kuat dan aroma yang mantap. Nasi kebuli ada banyak sekali variasinya, mulai dari nasi kebuli sapi, nasi kebuli kambing, dan nasi kebuli domba.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi kebuli ayam, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan nasi kebuli ayam yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat nasi kebuli ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Nasi Kebuli Ayam menggunakan 29 jenis bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Nasi Kebuli Ayam:
  1. Gunakan 500 gr beras
  2. Sediakan 1 kg ayam / kambing
  3. Sediakan 1500 ml air
  4. Gunakan Bumbu Halus:
  5. Gunakan 10 siung bawang merah
  6. Gunakan 10 siung bawang putih
  7. Gunakan 2 buah tomat
  8. Ambil 2 ruas jahe
  9. Gunakan 2 serai
  10. Siapkan 1 bks bumbu kare (me:Indofood)
  11. Ambil 1 bks susu dancow plain
  12. Gunakan 100 ml santan instan (me:kara)
  13. Gunakan 1 sdt ketumbar bubuk
  14. Sediakan 1 sdt merica bubuk
  15. Sediakan 1 sdt jintan bubuk
  16. Sediakan Rempah :
  17. Gunakan 1 batang kayu manis
  18. Gunakan 2 buah kapulaga
  19. Siapkan 5 buah cengkeh
  20. Sediakan 1 sdt garam
  21. Gunakan 1 sdm kaldu bubuk
  22. Gunakan 1 sdt gula pasir
  23. Ambil Sambal Bajak:
  24. Siapkan 2 siung bawang putih
  25. Ambil 20 buah rawit merah
  26. Gunakan 1 sdt gula pasir
  27. Siapkan 1 sdt garam
  28. Sediakan 1 buah jeruk limau
  29. Ambil 2 sdm minyak panas

Biasanya, Nasi Kebuli menggunakan daging kambing. Namun, tak jarang pula ada yang menggunakan ayam sebagai lauknya. Soal rasa, hidangan ini terkenal dengan aroma dan bumbu rempah-rempah yang kuat. Penggunaan ketumbar, cengkih, jintan, kapulaga, pala, dan kayumanis sudah tidak asing pada Nasi Kebuli Ayam.

Cara menyiapkan Nasi Kebuli Ayam:
  1. Panaskan minyak tumis bumbu halus hingga tanak, beri rempah, garam, gula, kaldu bubuk, santan dan bumbu kare beri air masak hingga mendidih dan ayam matang, ambil ayam tiriskan lalu goreng hingga matang.
  2. Ambil air rebusan ayam lalu masukan kedalam mangkok beras, lebihkan airnya dari takaran memasak nasi pada umumnya, masak hingga matang.
  3. Tumis bawang putih dan cabe hingga layu lalu haluskan, beri garam dan gula pasir beri minyak panas aduk terakhir beri air jeruk limau.

MERAYAKAN LEBARAN DENGAN MENU NASI KEBULI Makanan khas timur tengah yang sudah banyak penggemarnya di Indon. Rebus santan dan beras, aduk rata. Kukus beras dalam kukusan hingga setengah matang. Tumis bumbu halus bersama rempah lainnya dengan minyak samin hingga harum dan matang. Nasi Kebuli Ayam, satu resep klasik yang lezat untuk dinikmati setiap hari apalagi untuk berbuka puasa ataupun hari raya lainnya.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat nasi kebuli ayam yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Share on