This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi Kebuli Anti Gagal

 ·  ☕ 4 menit waktu baca  ·  ✍️ Stella McDonald

Nasi Kebuli
Nasi Kebuli

Lagi mencari ide resep nasi kebuli yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi kebuli yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi kebuli, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan nasi kebuli enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

So, to get into the spirit of the day, I am preparing nasi kebuli, a rice dish with lamb and ton of spices cooked in coconut milk. It is a dish that we Indonesian absorbed from the Middle Eastern tradition. A nasi kebuli is a fragrant white rice cooked with a herb mix of warm flavours like cinnamon, nutmeg and cloves.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat nasi kebuli yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Nasi Kebuli menggunakan 29 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Nasi Kebuli:
  1. Ambil 1/2 kg beras basmati (sy beras biasa butiran panjang)
  2. Siapkan 1/2 kg daging kambing (sy pakai daging sapi)
  3. Siapkan 1/2 kg tulangan kambing (sy pakai iga sapi)
  4. Siapkan 750 ml susu cair
  5. Ambil 2 sachet santan kara instan @65ml
  6. Siapkan 1.5 L air
  7. Ambil 5 sdm minyak samin
  8. Siapkan 2 sdt kaldu jamur
  9. Ambil secukupnya Garam, gula dan lada
  10. Sediakan Bumbu :
  11. Ambil 1 buah bw bombay, cacah halus
  12. Sediakan 2 buah tomat, potong kecil
  13. Gunakan 7 siung bw putih, cacah halus
  14. Ambil 3 sdm garam masala (sy pake bumbu kari bubuk)
  15. Siapkan 2 btg sereh, geprek
  16. Gunakan 1 sdm cabe bubuk
  17. Sediakan 10 lbr daun jeruk
  18. Sediakan 6 lbr daun salam
  19. Sediakan 1 btg besar kayu manis (kira" 7 cm)
  20. Siapkan Sejempol jahe, geprek
  21. Sediakan 1 sdm kapulaga india (sy pakai kapulaga jawa)
  22. Ambil 5 buah cengkeh
  23. Siapkan 5 buah bunga lawang
  24. Ambil Tambahan dr saya :
  25. Gunakan 1/2 buah pala, parut
  26. Siapkan 2 sdm saos tomat
  27. Siapkan 5 buah cabe ijo utuh
  28. Ambil Pelengkap :
  29. Siapkan Kismis, acar, emping dan bw merah goreng

Nasi kebuli ternyata hanya ada di Indonesia. Namun ada hidangan bernama 'nasi kabli' di Timur Tengah. Maka mungkin saja masyarakat Indonesia 'terpeleset lidah' ketika menyebut nasi kabli. Biasanya nasi kebuli dibuat dengan menggunakan lemak kambing dan minyak samin.

Langkah-langkah membuat Nasi Kebuli:
  1. Blansir daging dan iga sapi selama 10 menit utk mengeluarkan kotorannya tiriskan
  2. Tumis semua bumbu dgn minyak samin hingga harum, masukkan air, susu dan santan, lalu tambahkam kaldu jamur, garam, gula dan lada
  3. Setelah mendidih masukkan iga dan daging, masak hingga empuk (sy presto 40 menit). Bila kuah terlalu menyusut tambahkan air
  4. Ambil iga dan daging, sisakan air rebusan lalu masukkan beras
  5. Aron beras sambil diaduk, tambahkan air jika perlu lalu kukus nasi hingga tanak. Sementara mengukus goreng / oven daging & iga sapi
  6. Setelah nasi matang, taburi dgn kismis dan bw merah goreng. Aduk rata. Sajikan nasi dgn pelengkap

Bahan-bahan inilah yang memberikan cita rasa khas pada hidangan tersebut. Nasi kebuli dari Nasi Kebuli Jakarta ini dibuat dengan menggunakan nasi basmati yang dimasak dengan berbagai bumbu rempah yang khas sehingga menghasilkan rasa yang autentik. Nasi kebuli ini juga dilengkapi dengan potongan daging kambing yang besar namun tetap empuk dan juicy , acar, sambal dan sayuran segar. Kami menggunakan beras import india Nasi kebuli (kabuli) merupakan hidangan dengan penuh rempah. Perjalanan nasi ini datang ke Indonesia karena nasi kebuli dibuat oleh warga keturunan Arab Saudi yang telah menetap di Indonesia.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Nasi Kebuli yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on