This page looks best with JavaScript enabled

Bagaimana Membuat Nasi Kebuli Ayam yang Menggugah Selera

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Warren Mills

Nasi Kebuli Ayam
Nasi Kebuli Ayam

Sedang mencari inspirasi resep nasi kebuli ayam yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi kebuli ayam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi kebuli ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan nasi kebuli ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Tuang nasi putih dan aduk merata. Masukkan nasi yang masih setengah matang ke dalam bumbu dan ayam. Aduk merata, lalu tuang kaldu ayam dan biarkan meresap ke dalam beras.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat nasi kebuli ayam yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Nasi Kebuli Ayam memakai 17 jenis bahan dan 12 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Nasi Kebuli Ayam:
  1. Ambil 500 gr ayam (saya bagian paha)
  2. Ambil 8 buah kapulaga india
  3. Siapkan 1 buah kayu manis
  4. Siapkan 2 bunga pekak / bunga lawang
  5. Siapkan 1 buah bawang bombay
  6. Sediakan 1 sdm garam
  7. Gunakan 1 sdt kaldu jamur
  8. Gunakan 1500 ml air
  9. Ambil 1 kg beras
  10. Ambil Minyak untuk menumis
  11. Gunakan Bumbu Halus
  12. Siapkan 2 bawang merah besar / 10 siung bawang merah
  13. Siapkan 6 siung bawang putih
  14. Sediakan 2 buah tomat besar
  15. Gunakan 2 sdm bumbu kebuli
  16. Ambil Bahan tambahan
  17. Gunakan Kismis

Kali ini resepkuerenyah akan sajikan resep nasi kebuli ayam yang enak dan. Biasanya, Nasi Kebuli menggunakan daging kambing. Namun, tak jarang pula ada yang menggunakan ayam sebagai lauknya. Soal rasa, hidangan ini terkenal dengan aroma dan bumbu rempah-rempah yang kuat.

Langkah-langkah menyiapkan Nasi Kebuli Ayam:
  1. Siapkan bahan.
  2. Didihkan air.
  3. Blender bumbu halus.
  4. Potong kotak bawang bombay.
  5. Masukkan ayam, bawang bombay, kapulaga india, garam dan kaldu jamur.
  6. Cuci beras.
  7. Panaskan minyak, masukkan bumbu halus. Tumis hingga matang dan harum.
  8. Masukkan bumbu halus ke dalam air rebusan ayam. Masak ayam hingga matang. Angkat ayam, tiriskan. Masukkan beras yang telah di cuci ke dalam air rebusan ayam tadi. Tambahkan kayu manis dan bunga pekak / bunga lawang. Aron nasi.
  9. Aron nasi, di saat air sudah hampir menyusut tambahkan kismis.
  10. Masukkan kismis, aduk rata. Panaskan kukusan.
  11. Pindahkan nasi kebuli ke dalam kukusan. Kukus selama 30 menit atau sampai matang.
  12. Penyelesaian: goreng ayam yang sudah di masak tadi. Sajikan nasi kebuli dengan acar.

Penggunaan ketumbar, cengkih, jintan, kapulaga, pala, dan kayumanis sudah tidak asing pada Nasi Kebuli Ayam. Nasi Kebuli Ayam, satu resep klasik yang lezat untuk dinikmati setiap hari apalagi untuk berbuka puasa ataupun hari raya lainnya. Mari kita simak bersama cara membuatnya di sini! Nasi Kebuli Ayam memang tiada bandingannya. Hidangan yang kerap ditemukan di Jakarta dan dijual oleh para keturunan Arab yang bermukim di Indonesia selama banyak.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Nasi Kebuli Ayam yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on