This page looks best with JavaScript enabled

Bagaimana Menyiapkan Nasi kebuli, Lezat Sekali

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Bess Jones

Nasi kebuli
Nasi kebuli

Anda sedang mencari inspirasi resep nasi kebuli yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi kebuli yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

A nasi kebuli is a fragrant white rice cooked with a herb mix of warm flavours like cinnamon, nutmeg and cloves. The wiki page about nasi kebuli states that the rice is cooked in a goat broth. Beb refers for this nasi kebuli to the recipe for 'Rice Cooking'.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi kebuli, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan nasi kebuli yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat nasi kebuli sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Nasi kebuli menggunakan 11 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Nasi kebuli:
  1. Ambil 1/2 ekor ayam cuci bersih
  2. Sediakan 2 wortel iris memanjang tipis lalu rebus smp stgh matang
  3. Sediakan 1 gls belimbing kismis rendam
  4. Ambil 3 cup beras basmati cuci dan rendam ÷-2 jam (cucinya pelan2 y)
  5. Sediakan 1 bawang bombay belah 4
  6. Sediakan 1 tomat belah 4
  7. Ambil 1 cm jahe iris tipis
  8. Ambil 1 cm kayu manis
  9. Sediakan 2 bawang putih utuh
  10. Ambil (Jinten, kapol,lada hitam)
  11. Gunakan secukupnya Garam.gula pasir & minyak

Namun ada hidangan bernama 'nasi kabli' di Timur Tengah. Maka mungkin saja masyarakat Indonesia 'terpeleset lidah' ketika menyebut nasi kabli. Baca juga: Resep Nasi Biryani, Olahan Daging Kambing Pedas Khas Timur Tengah. Nasi kebuli identik dengan rasa gurih yang diperoleh dari kaldu daging.

Cara membuat Nasi kebuli:
  1. Rebus ayam dgn bumbu di atas kecuali minyak dan gula ya…. smp agak empuk lalu angkat
  2. Didihkan air lalu kl sdh mendidih masukan beras masak smp empuk ya…Kl di pegang agak empuk ga patah berarti sdh angkat dan buang airnya
  3. Ambil wajan masukan gula pasir dan minyak sdkt aja ya masak sbntar smp gula hancur
  4. Siapkan panci (sy pakai presto ya biar cpt)masukan beras sedikit lalu taruh rebusan wortel dan kismis lalu sisa beras td masukan lagi ya diatasnya dn terakhir rebusan ayam tadi lalu kukus dgn tutup panci yg di alas kain ya +-10 menit dgn api kecil
  5. Kl sdh 10 menit masuk minyak dan gula ya di ats nasinya masak lg +- 5 menit smp matang

Nasi kebuli ini juga dilengkapi dengan potongan daging kambing yang besar namun tetap empuk dan juicy , acar, sambal dan sayuran segar. Nasi kebuli (kabuli) merupakan hidangan dengan penuh rempah. Perjalanan nasi ini datang ke Indonesia karena nasi kebuli dibuat oleh warga keturunan Arab Saudi yang telah menetap di Indonesia. Lokasi persebaran nasi ini masih di perkotaan saja, sehingga tidak banyak orang yang mengenal nasi kebuli. Semua lengkap disajikan dengan potongan kismis yang menambah cita rasa.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat nasi kebuli yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Share on