This page looks best with JavaScript enabled

Bagaimana Menyiapkan Nasi Kuning Rice Cooker, Lezat

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Pearl Wells

Nasi Kuning Rice Cooker
Nasi Kuning Rice Cooker

Lagi mencari ide resep nasi kuning rice cooker yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi kuning rice cooker yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi kuning rice cooker, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan nasi kuning rice cooker enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat nasi kuning rice cooker sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Nasi Kuning Rice Cooker menggunakan 20 jenis bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Nasi Kuning Rice Cooker:
  1. Siapkan 500 gr beras, cuci bersih dan rendam semalaman
  2. Ambil 50 gr beras ketan, cuci bersih dan rendam semalaman
  3. Sediakan 6 bh kunyit ukuran besar; cuci, kupas, dan iris tipis
  4. Gunakan 2 bh jeruk nipis, ambil airnya
  5. Siapkan 700 mL air
  6. Siapkan 150 mL santan kental
  7. Sediakan 2 sdt kaldu ayam atau jamur bubuk
  8. Sediakan Optional: 2 sdm bawang goreng
  9. Ambil 1 sdt Garam
  10. Ambil 2 btg serai, memarkan
  11. Ambil Bahan Pelengkap:
  12. Siapkan 8 lbr daun jeruk
  13. Gunakan Ayam goreng atau empal goreng
  14. Sediakan 4 helai daun pandan
  15. Ambil Abon sapi (siap beli)
  16. Siapkan Kering kentang atau tempe
  17. Sediakan Perkedel Kentang dan Daging
  18. Gunakan Telur dadar, iris tipis
  19. Sediakan Sambal Bajak
  20. Sediakan Lalapan: Mentimun dan daun kemangi
Langkah-langkah menyiapkan Nasi Kuning Rice Cooker:
  1. – Didihkan 300 ml air dan masukkan kunyit. Rebus dengan api kecil hingga air menjadi sangat kuning. Matikan apinya dan tambahkan air jeruk nipis. - – Masukkan air kunyit ke dalam beras dan beras ketan. Tambahkan 300 mL air. Diamkan hingga berasnya berwarna kuning kurang lebih minimal selama 2 jam atau semalaman. - – Tiriskan beras dan beras ketan. Berasnya dianginkan sebentar dalam piring datar. - – Masukkan beras ke dalam rice cooker bersama dengan air, kaldu ayam bubuk, garam, batang serai,
  2. Daun jeruk, dan daun pandan. Masak. - – Setelah matang, buka rice cooker dan tuang santan kental. Aduk dengan garpu. Rasakan dan perhatikan warnanya. Bila kurang asin, boleh tambahkan garam. Bila warna pucat, boleh tambahkan bubuk kunyit. Masak sekali lagi. - – Setelah matang, optional terakhir tambahkan bawang goreng dan aduk rata dengan garpu. - – Sajikan dengan ayam goreng atau empal, kering kentang atau tempe, abon sapi, telur dadar, perkedel, sambal bajak dan lalapan.
  3. Note: Pilihlah beras yang berkualitas baik dan tidak mudah lembek. Saat dimasak dalam rice cooker pertama kali dan dibuka warna nya pucat, jangan kuatir. Tambahkan bubuk kunyit 😉 Hasilnya nanti terselamatkan dan tetap kuning cantik 😊😉 - Untuk 6 porsi

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Nasi Kuning Rice Cooker yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on