This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi kebuli yang Menggugah Selera

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Hulda Beck

Nasi kebuli
Nasi kebuli

Lagi mencari ide resep nasi kebuli yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi kebuli yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi kebuli, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan nasi kebuli enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

A nasi kebuli is a fragrant white rice cooked with a herb mix of warm flavours like cinnamon, nutmeg and cloves. The wiki page about nasi kebuli states that the rice is cooked in a goat broth. Beb refers for this nasi kebuli to the recipe for 'Rice Cooking'.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat nasi kebuli yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Nasi kebuli menggunakan 14 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Nasi kebuli:
  1. Ambil 500 gr beras basmati
  2. Ambil 250 gr daging kambing
  3. Sediakan 3 sdm minyak untuk menumis
  4. Ambil 1 bks santan kara kecil
  5. Gunakan 1000 ml air, bisa ditambah bila kurang
  6. Gunakan 2 sdt garam
  7. Sediakan 1 sdt lada bubuk
  8. Gunakan 1 sdt kunyit bubuk
  9. Siapkan 20 gr bumbu kebuli instant
  10. Ambil Bumbu iris
  11. Gunakan 1 siung bawang bombai
  12. Gunakan 3 siung bawang merah
  13. Ambil 1 buah tomat
  14. Siapkan 3 siung bawang putih

Biasanya nasi kebuli dibuat dengan menggunakan lemak kambing dan minyak samin. Bahan-bahan inilah yang memberikan cita rasa khas pada hidangan tersebut. KOMPAS.com - Nasi Kebuli merupakan salah satu hidangan nasi gurih yang sering dikenal sebagai hidangan khas Timur Tengah. Namun ternyata, nasi kebuli ini tidak ada di negara-negara Timur Tengah.

Cara membuat Nasi kebuli:
  1. Cuci bersih beras. Rendam ± 30 menit. Tiriskan
  2. Iris bumbu, tumis dengan minyak panas
  3. Bila sudah harum. Masukan santan, air, bumbu kebuli, garam lada dan kunyit. Masak sampai mendidih
  4. Masukan daging kambing. Masak sampai empuk, lalu sisihkan di piring.
  5. Masukan beras kedalam magicom. Tuang air rebusan daging tadi. Bila kurang bisa ditambah air. Masak seperti masak nasi biasa
  6. Goreng daging kambing
  7. Bila nasi sudah matang, aduk supaya bumbu merata
  8. Sajikan

Nasi kebuli ternyata hanya ada di Indonesia. Namun ada hidangan bernama 'nasi kabli' di Timur Tengah. Maka mungkin saja masyarakat Indonesia 'terpeleset lidah' ketika menyebut nasi kabli. Kami menggunakan beras import india Nasi kebuli (kabuli) merupakan hidangan dengan penuh rempah. Perjalanan nasi ini datang ke Indonesia karena nasi kebuli dibuat oleh warga keturunan Arab Saudi yang telah menetap di Indonesia.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Nasi kebuli yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

Share on