This page looks best with JavaScript enabled

Bagaimana Membuat Nasi Kebuli yang Bikin Ngiler

 ·  ☕ 4 menit waktu baca  ·  ✍️ Irene Singleton

Nasi Kebuli
Nasi Kebuli

Anda sedang mencari ide resep nasi kebuli yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal nasi kebuli yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi kebuli, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan nasi kebuli enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

A nasi kebuli is a fragrant white rice cooked with a herb mix of warm flavours like cinnamon, nutmeg and cloves. The wiki page about nasi kebuli states that the rice is cooked in a goat broth. Beb refers for this nasi kebuli to the recipe for 'Rice Cooking'.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah nasi kebuli yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Nasi Kebuli memakai 30 bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Nasi Kebuli:
  1. Sediakan 1 kg daging kambing (rusuk + paha)
  2. Gunakan 2 cup beras basmatik (beras india)
  3. Gunakan 3 biji bawang bombai besar (iris)
  4. Sediakan 7 biji bawang putih iris
  5. Siapkan 2 biji cabai hijau belah dua
  6. Siapkan 3 sdm minyak samin/margarin/mentega
  7. Ambil 2 sdm minyak goreng (untuk merendam beras)
  8. Ambil Rempah utuh:
  9. Sediakan 1 biji kayu manis (kira2 ukuran jari manis)
  10. Siapkan 4 biji cengkeh
  11. Siapkan 5 biji kapulaga Tumbuk kasar
  12. Siapkan 1 sdm kuyit bubuk (sesuikan kalo kurang boleh tambah)
  13. Siapkan 1 sdt merica
  14. Sediakan 2 sdm garam (kurang Lebih)
  15. Siapkan 1 sdt kaldu bubuk
  16. Siapkan Bumbu rempah kering kebuli:
  17. Ambil 2 sdm ketumbar
  18. Siapkan 1 sdm jintan
  19. Gunakan 1/2 biji pala
  20. Gunakan 1 sdm kapulaga
  21. Ambil 1/2 sdm cengkeh
  22. Siapkan 1 cm kayu manis
  23. Sediakan Bahan acar
  24. Gunakan 1 cup tomat cerry
  25. Siapkan 1 bh mentimun
  26. Ambil 11/4 biji bawang bombai bomby merah
  27. Sediakan 1 biji jeruk nipis (airnya)
  28. Gunakan Gula
  29. Siapkan Garam
  30. Siapkan 5 biji cabai hijau

Maka mungkin saja masyarakat Indonesia 'terpeleset lidah' ketika menyebut nasi kabli. Baca juga: Resep Nasi Biryani, Olahan Daging Kambing Pedas Khas Timur Tengah. Nasi kebuli identik dengan rasa gurih yang diperoleh dari kaldu daging. Nasi kebuli ini juga dilengkapi dengan potongan daging kambing yang besar namun tetap empuk dan juicy , acar, sambal dan sayuran segar.

Langkah-langkah menyiapkan Nasi Kebuli:
  1. Sangrai bumbu rempah kering sebentar aja sekitar 2 menit saja jangan sampe berubah warna. Di sangrai agar baunya jadi harum kemudian haluskan sampai halus. Bisa di blender atau di ulek. Sisihkan.
  2. Cuci beras kemudian rendam dengan air panas mendidih dan 2 sdm minyak goreng sekitar 20 menit. Dalam keadaan tertutup. Tujuannya agar proses memasak nasinya lebih cepat. Jika pakai beras biasa step inj tidak perlu dilakukan.
  3. Tumis bawang bombai dan bawang putih, pakai minyak & minyak samin/ magrarin sampai harum.
  4. Masukkan cabai dan rempah utuh tumis sampai harum, kemudian masukkan kunyit bubuk dan rempah kebuli bubuk tumis sampai harum, tambahkan 1/4 gelas air dan masak sampai pecah minyak atau meletup-letup.
  5. Masukkan daging kambing aduk rata, Daging kambing yang saya pakai mudah empuk jadi tidak saya rebus terlebih dahulu.
  6. Masukkan beras basmati yang sudah disaring, aduk rata.
  7. Tambahkan air 500 ml aduk sesekali agar tidak gosong, karena wajan saya kurang besar jadi saya transfer ke ricecooker dan tekan cook.
  8. Nasi kebuli sudah matang, daging kambing bisa di goreng atau dibakar terlebih dahulu atau disajikan langsung. Saya bakar sebentar di atas teflon agar dagingnya crispy diluar. Nasi kebuli siap dinikmati

Nasi kebuli (kabuli) merupakan hidangan dengan penuh rempah. Perjalanan nasi ini datang ke Indonesia karena nasi kebuli dibuat oleh warga keturunan Arab Saudi yang telah menetap di Indonesia. Lokasi persebaran nasi ini masih di perkotaan saja, sehingga tidak banyak orang yang mengenal nasi kebuli. Semua lengkap disajikan dengan potongan kismis yang menambah cita rasa. Kamu bisa menemukan restoran ini pada daerah Kramat Jati dan Kebon Jeruk.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Nasi Kebuli yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

Share on