This page looks best with JavaScript enabled

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Nasi Kebuli Ayam Sambal Cuka (masak Magic Com) Anti Gagal

 ·  ☕ 4 menit waktu baca  ·  ✍️ Craig Cook

Nasi Kebuli Ayam Sambal Cuka (masak Magic Com)
Nasi Kebuli Ayam Sambal Cuka (masak Magic Com)

Anda sedang mencari ide resep nasi kebuli ayam sambal cuka (masak magic com) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi kebuli ayam sambal cuka (masak magic com) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari nasi kebuli ayam sambal cuka (masak magic com), mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan nasi kebuli ayam sambal cuka (masak magic com) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Resep Nasi Kebuli Ayam Sambal Cuka (masak Magic Com). Rasanya tetap enak dan tentu saja wangi rempah-rempah. Biasanya klo bikin nasi kebuli disertakan juga acar.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat nasi kebuli ayam sambal cuka (masak magic com) yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Nasi Kebuli Ayam Sambal Cuka (masak Magic Com) memakai 29 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Nasi Kebuli Ayam Sambal Cuka (masak Magic Com):
  1. Siapkan 5 cup beras (=750 g, me :beras jenis pulen)
  2. Sediakan Secukupnya air (sesuai takaran menanak nasi)
  3. Siapkan 1/2 kg fillet ayam (me : dada dan punggung ayam)
  4. Ambil 1/2 buah jeruk nipis
  5. Sediakan 4 sdm minyak goreng
  6. Siapkan 3 sdm margarin (minyak samin)
  7. Gunakan ⏩Bahan A (Bumbu rempah aromatik) :
  8. Sediakan 5 cm kayu manis
  9. Siapkan 5 butir cengkih
  10. Gunakan 3 buah kapulaga (geprek, me: green cardamon)
  11. Ambil 2 buah bunga lawang (pekak)
  12. Sediakan 1 sdt ketumbar bubuk
  13. Ambil 2 sdm bubuk kari (bisa ganti 1 sachet bumbu kari instan basah)
  14. Siapkan ⏩ Bahan B (Bumbu yang dihaluskan):
  15. Gunakan 7 siung bawang merah
  16. Siapkan 3 siung bawang putih
  17. Sediakan 2 cm kunyit
  18. Gunakan Seasoning :
  19. Sediakan 2 sdt garam atau lebih (saat cek rasa bisa ditambahkan)
  20. Ambil ⏩Bahan sambal cuka :
  21. Gunakan 5 buah cabe merah keriting
  22. Gunakan 5 buah cabe rawit merah/cabe domba
  23. Ambil 2 siung bawang merah (resep asli : bawang putih)
  24. Sediakan 1/2 sdt garam
  25. Gunakan 1 sdm gula pasir
  26. Gunakan 1 sdm cuka makan
  27. Siapkan 4 sdm air mineral/air matang
  28. Siapkan ⏩Pelengkap :
  29. Gunakan iris Kerupuk, Timun iris, Telur dadar (lihat resep)

Mesti ramai yang suka makan nasi ayam kan. Tak kiralah hari-hari biasa atau hari istimewa, nasi ayam ni memang sesuai dihidangkan pada bila-bila masa. Lagipun, semua peringkat umur boleh makan, daripada anak-anak kecil hinggalah ke warga emas. Sebab itulah mak-mak kena standby siap-siap at least satu resepi nasi ayam untuk kita masak untuk famili mahupun tetamu.

Cara menyiapkan Nasi Kebuli Ayam Sambal Cuka (masak Magic Com):
  1. Daging ayam dipotong sesuai selera. Diberi perasan jeruk nipis, biarkan 10 menit, cuci dan tiriskan kembali ayam. Bahan bumbu nasi kebuli lainnya disiapkan.
  2. Blender bahan B hingga halus. Panaskan minyak dan margarin. Tumis bahan B dan bahan A, hingga harum.
  3. Masukkan ayam, adukrata, masak hingga ayam berubah warna. Tambahkan air dan seasoning. Setelah ayam matang, matikan kompor. Sisihkan.
  4. Cuci beras. Masukkan kedalam panci magic com. Tuang air kaldu ayam beserta daging ayam tsb kedalamnya. Tambahkan sejumlah air sesuai kebiasaan menanak nasi (ini saya biasa setinggi 1,5 ruas jari, utk kebuli airnya jadi setinggi 1,75 ruas jari dari permukaan beras). Cek rasa. Klo kurang garam bisa ditambahkan. Jika sudah pas, tekan tombol "Cook, tunggu hingga matang.
  5. Setelah matang, aduk2 dulu dan tutup lagi magic com selama 15 menit. Catatan dari saya : Klo pake rice cooker biasa, setelah diaduk2, tekan tombol cook lagi, bila sdh selesai, biarkan 15 menit. Baru nasi kebuli siap dinikmati.
  6. Membuat sambal cuka : pastikan higienis semua bahan. Siapkan cobek dan ulekan. Potong2/gunting cabe, kemudian ulek cukup halus semua bahan. Pindahkan ke mangkok, beri cuka makan dan air matang, adukrata.
  7. Cara penyajian : tata nasi kebuli sesuai selera. Khusus utk tema clovers sy buat nasi kebuli dan dadar telur jadi bentuk hati. Lengkapi dg timun, kerupuk, dan sambal cuka. 👌

Resepi Nasi Ayam yang memang pasti sedap dan sangat sesuai dihidangkan untuk majlis-majlis tertentu. Sangat berbaloi mencuba resepi ini walaupun nampak sukar dan munggunakan bahan yang banyak. Jangan takut untuk menyediakan hidangan ini kerana Resepi ini telah diolah bagi memudahkan anda untuk memasaknya. Setelah matang, pisahkan ayam dan masukkan bumbu ke dalam nasi. Sajikan dengan timun, sambal cuka dan emping.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Nasi Kebuli Ayam Sambal Cuka (masak Magic Com) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

Share on