This page looks best with JavaScript enabled

Resep Empal Gepuk yang Enak

 ·  ☕ 2 menit waktu baca  ·  ✍️ Elijah Baker

Empal Gepuk
Empal Gepuk

Lagi mencari inspirasi resep empal gepuk yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal empal gepuk yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari empal gepuk, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan empal gepuk yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah empal gepuk yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Empal Gepuk memakai 17 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Empal Gepuk:
  1. Ambil 1 kg daging sapi (has)
  2. Siapkan 1500 ml santan kental dan encer
  3. Siapkan 5 lembar daun salam
  4. Gunakan 4 batang serai (geprek)
  5. Sediakan 4 butir kapulaga (utk hilangkan bau daging)
  6. Ambil Secukupnya garam
  7. Siapkan Secukupnya gula pasir
  8. Sediakan 2 bulat gula jawa, sisir halus
  9. Gunakan Secukupnya air asam jawa
  10. Gunakan Bumbu halus:
  11. Ambil 10 butir bawang putih
  12. Siapkan 10 butir bawang merah
  13. Gunakan Secukupnya lengkuas
  14. Ambil 5 butir kemiri
  15. Sediakan Secukupnya ketumbar
  16. Ambil Secukupnya jinten
  17. Sediakan Secukupnya merica
Langkah-langkah menyiapkan Empal Gepuk:
  1. Persiapkan bahan: daging sapi has, potong2 dan cuci bersih berikut bumbu halus
  2. Masukkan daging sapi, santan, air asam jawa, bumbu halus, gula jawa, daun salam, serai dan air asam jawa berikut gula pasir
  3. Masak daging kalau sudah mendidih, kecilkan api. Masak daging sampai air menyusut dan setengah empuk lalu masukkan garam. Koreksi rasa
  4. Angkat satu per satu daging lalu pukul-pukul menggunakan cobek agar lebih pipih, lalu masukkan di sisa bumbu masak lagi sampai daging benar- benar empuk.
  5. Lalu matikan api, angkat daging yg empuk lalu masukkan ke wajan yg sdh siap minyak panas untuk menggoreng daging empal. Goreng sebentar saja.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Empal Gepuk yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on