This page looks best with JavaScript enabled

Resep Nasi Kebuli Ayam, Lezat Sekali

 ·  ☕ 3 menit waktu baca  ·  ✍️ Edna Nguyen

Nasi Kebuli Ayam
Nasi Kebuli Ayam

Anda sedang mencari inspirasi resep nasi kebuli ayam yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal nasi kebuli ayam yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasi kebuli ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan nasi kebuli ayam yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Tapi proses yang panjang membuahkan hasil yang manis, enak banget pokok nya, cocok untuk. Tak hanya itu, nasi kebuli ini juga ditambahkan dengan bahan lain, seperti kaldu, daging, susu, dan minyak samin untuk hadirkan rasa yang kuat dan aroma yang mantap. Nasi kebuli ada banyak sekali variasinya, mulai dari nasi kebuli sapi, nasi kebuli kambing, dan nasi kebuli domba.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah nasi kebuli ayam yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Nasi Kebuli Ayam menggunakan 32 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Nasi Kebuli Ayam:
  1. Gunakan 1 L beras pera
  2. Siapkan 1 ekor ayam
  3. Sediakan 10 buah tomat
  4. Sediakan 1 buah bawang bombai
  5. Gunakan 30 siung bawang putih
  6. Siapkan 20 siung bawang merah
  7. Gunakan 1 ruas jahe
  8. Ambil 3 sendok makan jinten halus
  9. Siapkan 3 sendok makan ketumbar bubuk
  10. Gunakan 1 sendok makan lada bubuk
  11. Sediakan Kaldu bubuk
  12. Ambil secukupnya Gula dan garam
  13. Gunakan 2 sachet susu bubuk
  14. Ambil 2 bungkus kecil santan instan
  15. Gunakan 20 butir kapulaga
  16. Siapkan 10 butir cengkeh
  17. Sediakan 2 batang kayu manis
  18. Gunakan 3 batang sereh
  19. Gunakan 3 lembar daun salam
  20. Gunakan 4 buah cabe hijau besar
  21. Gunakan 4 sendok makan margarin
  22. Ambil secukupnya Minyak goreng
  23. Gunakan 1 liter air
  24. Sediakan Bahan acar:
  25. Siapkan 1 buah nanas madu
  26. Ambil 1 buah timun
  27. Siapkan 1 buah wortel
  28. Siapkan 1/2 siung bawang bombai
  29. Gunakan 6 buah cabe merah besar
  30. Sediakan Gula
  31. Ambil Garam
  32. Ambil Cuka

Biasanya, Nasi Kebuli menggunakan daging kambing. Namun, tak jarang pula ada yang menggunakan ayam sebagai lauknya. Soal rasa, hidangan ini terkenal dengan aroma dan bumbu rempah-rempah yang kuat. Penggunaan ketumbar, cengkih, jintan, kapulaga, pala, dan kayumanis sudah tidak asing pada Nasi Kebuli Ayam.

Cara membuat Nasi Kebuli Ayam:
  1. Haluskan bawang bombai, duo bawang dan jahe, sisihkan. Haluskan tomat
  2. Masukkan margarin dan minyak goreng kemudian tumis bawang dan jahe yg dihaluskan, setelah harum masukan tomat, cabe hijau, kapulaga, dan cengkeh, kayu manis, sereh, daun salam
  3. Setelah agak kering, masukkan jinten, ketumbar, lada, garam dan gula. Setelah tercium aromanya masukkan ayam, susu, santan dan air. Masak sampai ayam empuk
  4. Kukus beras sekitar 15 menit. Kemuadian pindahkan k panci dan aroni dengan kuah bumbu, tunggu sampai beras sedikit mengembang dg menutup panci sekitar 10 menit setelah itu dikukus kembali sampai matang
  5. Cara membuat acar: potong nanas, timun, wortel dan bawang bombai
  6. Blender cabe dengan sedikit air, masak dengan ditambahkan 2 sendok gula, tunggu sampai agak kental. Setelah dingin masukkan garam dan cuka dan potongan nanas timun wortel bawang bombai

Rebus santan dan beras, aduk rata. Kukus beras dalam kukusan hingga setengah matang. Tumis bumbu halus bersama rempah lainnya dengan minyak samin hingga harum dan matang. Nasi Kebuli Ayam, satu resep klasik yang lezat untuk dinikmati setiap hari apalagi untuk berbuka puasa ataupun hari raya lainnya. Mari kita simak bersama cara membuatnya di sini!

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Nasi Kebuli Ayam yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Share on